Selasa 06 April 2021, 10:55 WIB

Puan Dukung Peningkatan Rasio Kredit untuk UMKM

Sri Utami | Politik dan Hukum
Puan Dukung Peningkatan Rasio Kredit untuk UMKM

Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani.

 

KETUA DPR Puan Maharani berharap pemerintah bisa mewujudkan peningkatan rasio kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perbankan menjadi di atas 30% dari total kredit.

Peningkatan rasio kredit perbankan bisa menjadi salah satu solusi keberlangsungan hidup banyak UMKM di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Keinginan pemerintah agar kredit perbankan yang diberikan untuk pelaku UMKM mencapai 30% mesti segera bisa direalisasikan. Otoritas terkait, termasuk Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, hingga pemerintah mesti bisa bergerak cepat merumuskan kebijakan untuk merealisasikannya," tuturnya, Selasa (6/4).

Semakin terbukanya akses perbankan dengan bunga yang lebih rendah dan proses yang mudah bagi pelaku UMKM bisa menjadi salah satu solusi keberlangsungan hidup UMKM di tengah tekanan akibat pandemi Covid-19.

"Menjaga keberlangsungan hidup UMKM pada gilirannya akan menyelamatkan perekonomian Indonesia seperti yang pernah dibuktikan pada krisis ekonomi 1998 dulu"

Menurutnya keinginan meningkatkan rasio kredit UMKM sudah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada Senin (5/4). Pemerintah diminta untuk bisa menyalurkan lebih dari 30% kredit bagi pelaku UMKM pada 2024.

Sejauh ini rasio kredit perbankan untuk UMKM berada di level 18-20%. Angka ini jauh di bawah rasio pembiayaan bank terhadap UMKM di Singapura (39%), Malaysia (50%), Thailand (51%), Jepang (66%), hingga Korea Selatan (82%). 

"Berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik tahun lalu, 69% pelaku UMKM butuh bantuan modal karena sektor ini merupakan salah satu korban paling terdampak pandemi Covid-19," imbuhnya. 

Puan menegaskan dibutuhkan intervensi yang sinergis dari pemegang otoritas untuk menyelamatkan UMKM. Selain memberikan bunga yang lebih rendah dan proses yang lebih mudah, semua stakeholder juga harus merumuskan program untuk membimbing pelaku UMKM sehingga dapat menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan dan layak menjadi debitur perbankan. (Sru/OL-09).

Baca Juga

DOK BPIP

BPIP Susun Peta Jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi ASN

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 13:26 WIB
BPIP diharapkan dapat melakukan advokasi guna mencegah menguatnya pemikiran-pemikiran yang diskriminatif di kalangan...
KAREN BLEIER / AFP

Tersangka Kasus Asabri Diduga Cuci Uang Korupsi ke Bitcoin

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:03 WIB
Penyidik  Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejaksaan Agung mendalami uang hasil korupsi di PT...
MI/Tiyok

Stigma Anak dari Pelaku Terorisme jadi Kendala Pemulihan

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 04:03 WIB
Padahal, kata dia, anak-anak tersebut korban dari pola asuh orang tua yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya