Kamis 25 Maret 2021, 16:56 WIB

Nurhadi Diperiksa Terkait Kasus Perintangan Penyidikan

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Nurhadi Diperiksa Terkait Kasus Perintangan Penyidikan

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK), memeriksa mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi. Kali ini, Nurhadi dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Ferdy Yuman dalam kasus perintangan penyidikan.

"Yang bersangkutan (Nurhadi) hadir di KPK diperiksa sebagai saksi untuk tersangka FY (Ferdy)," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (24/3).

Penyidik juga memanggil anak Nurhadi, Rizqi Aulia Rahmi, sebagai saksi dalam kasus itu. Komisi antirasuah juga memanggil dua saksi lain yakni Kepala Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Wahidul Kahhar dan Sekretaris Deputi Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan-RB Eddy Syahputra.

KPK menetapkan Ferdy Yuman sebagai tersangka perintangan penyidikan kasus Nurhadi itu lantaran dianggap membantu pelarian Nurhadi. Adapun Nurhadi saat ini telah divonis enam tahun penjara dalam perkara suap dan gratifikasi terkait penanganan perkara di MA.

Dalam kasus itu, Ferdy merupakan sopir menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono. Ferdy diduga berperan dalam menyewa rumah persembunyian Nurhadi dan Rezky di Jalan Simprug Golf 17 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Ferdy ditahan akibat upaya menghalangi penyidikan dan diduga melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pelarian Nurhadi dan Rezky bermula ketika KPK menerbitkan DPO pada Februari 2020 lalu. KPK menduga Ferdy diminta Rezky membuat perjanjian sewa rumah di Simprug senilai Rp490 juta yang dijadikan sebagai lokasi persembunyian.

Saat KPK menangkap Nurhadi dan Rezky di rumah Simprug itu pada Juni 2020, Ferdy berada di lokasi tapi berhasil kabur dengan menggunakan mobil bernomor plat palsu. Ferdy kemudian ditangkap di Malang, Jawa Timur. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

MI/HO

Anak Sastrawan Mahbub Djunaidi Beberkan Sosok Moeldoko: Miliki Sikap Kesetiakawanan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:14 WIB
Menurut Isfandiari, Moeldoko merupakan salah satu sosok yang memiliki sikap kesetiakawanan serta memiliki jiwa sosial yang...
MI/ M Irfan

Sudah Dihapus MK, Ini Alasan Pemerintah Pertahankan Pasal Penghinaan Presiden di RKUHP

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:16 WIB
Eddy mengatakan pasal di Revisi KUHP berbeda dengan aturan yang dihapus...
MI/Susanto

Ketua KY Mukti Fajar Dikukuhkan sebagai Guru Besar UMY

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:05 WIB
Terdapat beberapa persoalan hukum yang berhadapan dengan sistem sharing economy yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya