Rabu 17 Februari 2021, 15:27 WIB

Operasi Tinombala dan Nemangkawi Serap Biaya Tinggi

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Operasi Tinombala dan Nemangkawi Serap Biaya Tinggi

Antara/Basri Marzuki.
Polisi melintas di depan baliho di Pos Komando Taktis Satgas Tinombala di Desa Tokorondo, Poso Pesisir, beberapa waktu lalu.

 

OPERASI Tinombala dan Nemangkawi yang dilakukan pada 2020 menyerap anggaran yang cukup tinggi. Seperti diketahui, satgas Tinombala dibentuk untuk melumpuhkan dan menangkap jaringan teroris MIT yang dipimpin Santoso. Santoso telah tewas setelah baku tembak dengan satuan tugas Tinombala pada 18 Juli 2016.

Satgas Tinombala sudah diperpanjang sebanyak tiga kali. Masa tugas satgas yang seharusnya berakhir pada 30 September kemudian diperpanjang hingga 31 Desember 2020.

Satgas Nemangkawi yang terdiri dari jajaran gabungan TNI-Polri bertugas melumpuhkan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker dalam baku tembak di Intan Jaya.

"Yang jadi perhatian khususnya di tahun 2020 operasi Tinombala dan Nemangkawi. Mohon rekan-rekan Polda Sulteng dan Papua untuk menjadi perhatian khusus karena ini betul-betul menyerap biaya yang cukup tinggi," papar Asisten Operasi Kapolri (Asops) Irjen Imam Sugianto saat Rapim Polri 2021.

Imam juga meminta pihak terkait mengevaluasi kedua operasi tersebut dengan hasil yang dicapai selama 2020. Jika hasilnya kurang maksimal dengan anggaran yang dialokasikan, Imam menekankan agar para stakeholders membuat perubahan yang radikal pada operasi tersebut.

Harapannya, target operasi Tinombala maupun Nemangkawi yang harusnya tercapai di 2020 itu bisa diwujudkan di tahun 2021. (OL-14)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

NasDem Tagih Janji Jokowi Alokasikan 5% Dana Desa untuk Operasional Kades

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:55 WIB
Hal ini disampaikan ketua Fraksi NasDem DPR RI, Ahmad M. Ali dan menegaskan bahwa ketentuan tersebut sebelumnya dijanjikan Presiden...
Antara/Indiranto Eko Suwarso

Kejagung tak Ingin Berandai-andai soal Vonis Heru Hidayat 

👤Tri SUbarkah 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:33 WIB
"Main tebak menebak dong? Kita tunggu saja lah," ujar Febrie di Gedung Bundar...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ridwan Kamil Berikhtiar Maju di Pilpres 2024

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:10 WIB
Soal kalah dan menang itu rahasia Tuhan, dan hanya Tuhan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya