Senin 25 Januari 2021, 18:04 WIB

Pamswakarsa Rintisan Listyo Beda dengan yang Dulu

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pamswakarsa Rintisan Listyo Beda dengan yang Dulu

MI/Djoko Sardjono
Pam Swakarsa

 

KOMISARIS Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berencana membangun kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) untuk meningkatkan keamanan masyarakat. Rencana yang dipaparkan dalam program kerja calon Kepala Kepolisian RI (Kapolri) itu dinilai sangat berbeda dengan satuan yang ada di era Soeharto.

"Pam Swakarsa itu (yang dipaparkan Listyo) beda dengan era Soeharto. Pamswakarsa yang ini maksudnya Satpam dan siskamling juga pramuka Saka Bhayangkara," ujar Direktur The Intelligence Institute Ridlwan Habib kepada Media Indonesia, Senin (25/1).

Menurut dia, unsur yang direkrut sebagai Pam Swakarsa bentukan Listyo sangat berbeda dengan format di era Soeharto. Dengan demikian, dampak yang muncul juga akan berbeda.

"Jadi bukan Pam Swakarsa kaya jaman dulu," katanya.

Baca juga : Banyak OTT, Publik Nilai Kinerja KPK Baik

Pamswakarsa sebelum reformasi yang berasal unsur masyarakat umum dan dipersenjatai bambu runcing. Mereka di era Soeharto bahkan dikerahkan untuk berhadapan atau melawan pihak yang kontra pemerintah seperti mahasiswa.

Guna menghilangkan trauma masyarakat terhadap Pam Swakarsa era Soeharto, Ridlwan menyarankan Listyo perlu mengubah nama satuan tersebut. "Ganti nama Pam Swakarsa dengan istilah baru yang tidak bisa dikaitkan dengan masa lalu," katanya.

Ia menilai, pelibatan warga masyarakat melalui Pam Swakarsa atau sejenisnya sangat penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara. Namun tetap ada batas batas wewenang warga misalnya penangkapan atau lainnya yang hanya boleh dilakukan oleh penegak hukum.

"Polri perlu menjelaskan secara lengkap agar tidak menjadi kontroversi di masyarakat," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

KPK Janji Kembangkan Kasus Nurdin

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 01 Maret 2021, 20:15 WIB
"Tim akan segera menyusun rencana kegiatan penyidikannya. Tentu fokus lebih dahulu pada pembuktian unsur-unsur pasal sangkaan saat...
Ilustrasi

Pers dan Media Sosial Diminta Aktif Bumikan Pancasila

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 01 Maret 2021, 19:42 WIB
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) meminta pers dan pengguna media sosial berperan aktif dalam membumikan Pancasila, terutama di era...
Antara

Polri Sudah Tegur 21 Akun Media Sosial Lewat Virtual Police

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 01 Maret 2021, 19:38 WIB
Adapun Virtual Police dibentuk sejak Kamis 25 Februari 2021 dan sudah ada 21 pemilik akun media sosial yang diberikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya