Rabu 02 Desember 2020, 20:21 WIB

Anak Buah Menantu Nurhadi Ungkap Aliran Rp15,1 Miliar

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Anak Buah Menantu Nurhadi Ungkap Aliran Rp15,1 Miliar

ANTARA/Hafidz Mubarak A
.

 

SAKSI Soepriyo Waskito Adi mengungkap aliran dana sebesar Rp15,1 miliar yang masuk ke rekeningnya untuk ditransfer ke menantu mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi, Rezky Herbiyanto. Soepriyo merupakan anak buah Rezky yang bekerja di PT Herbiyono Energy.

Soepriyo mengaku rekeningnya dipinjam oleh Rezky sejak 2015. Menurutnya, ada dua kali transfer uang yang masuk ke rekeningnya saat dipinjam oleh Rezky.

"Yang pertama itu transfer senilai Rp5,1 miliar. Mohon izin saya lupa (transfernya), soalnya mutasinya lupa, dari Pak Hiendra Soenjoto," ungkap Soepriyo di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (2/12).

Hiendra diketahui merupakan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT). Dalam perkara ini, ia diduga menjadi pihak yang melakukan suap kepada Nurhadi melalui Rezky.

"Terus yang kedua Rp10 miliar dari Pak Rezky," jelas Soepriyo.

Transaksi tersebut menurut Soepriyo diterima Rezky dari pengusaha Iwan Cendikiawan Liman. Hal itu diketahui setelah Iwan menghubunginya secara langsung dan menanyakan pengurusan di PT MIT. Atas pertanyaan Iwan, Soepriyo lantas melaporkan hal itu ke Rezky.

Laporan Soepriyo ke Rezky tersebut dipaparkan oleh jaksa penuntut umum KPK yang diketuai Wawan Yunarwanto saat membacakan berita acara pemeriksaan. Dalam BAP tersebut, Soepriyo mengaku disuruh berbohong oleh Rezky apabila dihubungi oleh Iwan.

Selain itu, Wawan juga membacakan BAP Soepriyo terkait transfer Iwan ke Rezky soal pengurusan perkara terkait kontainer.

"Di BAP Nomor 44, saudara menjelaskan bahwa benar setelah Iwan Cendikiawan Liman transfer Rp10 miliar ke Rezky, beberapa hari setelahnya pernah menanyakan ke saya. Saya jawab, itu terkait pengurusan perkara kontainer. Saya tidak tahu saat itu yang diurus Rezky dan beres urusannya. Bahwa saya diperintahkan Rezky soal Multicon itu beres, diurus Beh, maksudnya Nurhadi," papar Wawan.

"Betul Pak," ucap Soepriyo. (OL-14)

Baca Juga

Ilustrasi

Polisi Ringkus Dua Pengedar Narkoba, Satu Orang Masih DPO

👤┬áRahmatul Fajri 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:46 WIB
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar mengatakan, barang haram itu rencananya akan diedarkan di...
Antara

Polisi Didesak Tindak Aksi Rasisme Terhadap Natalius Pigai

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:24 WIB
Sebelumnya pemilik akun Facebook Ambroncius Nababan, memuat unggahan bernada rasis terhadap...
Ilustrasi

KPK Telusuri Kasus Bansos Berdasarkan Bukti

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:18 WIB
"Terkait materi penyidikan tidak bisa kami sampaikan kepada masyarakat secara detail, nanti pada waktunya akan dibuka di depan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya