Sabtu 28 November 2020, 21:05 WIB

Pengamat: Terorisme di Sigi, Terorisme Terhadap Indonesia

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pengamat: Terorisme di Sigi, Terorisme Terhadap Indonesia

Medcom
Ilustrasi

 

AKSI terorisme terhadap tempat ibadah di Sigi, Sulawesi Tengah sama dengan aksi terorisme terhadap Indonesia. Pelaku aksi teror di Trans Levonu, Dusun V Tokelemo, Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Sigi, Jumat (27/11) itu menewaskan empat orang dan membakar beberapa bangunan.

"Kasus ini harus jadi perhatian serius pemerintah, Kepolisian dan TNI. Jika diperlukan, segera dibentuk tim investigasi gabungan untuk  menuntaskan kasus ini," ujar pengaman keamanan Dr Jannus TH Siahaan, Sabtu (28/11).

Jannus menyatakan para pelaku harus segera ditangkap dan ditindak dengan UU Terorisme dan diseret ke pengadilan. Jika tidak, jelas Jannus, hal semacam ini hanya akan terus memunculkan ketakutan di tengah masyarakat Sulteng, terutama masyarakat Kristen bahkan masyarakat di daerah-daerah lainnya.

"Jadi tak ada alasan bagi pemerintah, TNI, dan Polri untuk menganggap remeh persoalan ini karena sejatinya tak ada tempat sejengkalpun untuk teroris di negeri ini," tegasnya.

Lebih jauh, Jannus mengatakan di masa jelang pilkada serentak seperti saat ini, ketegasan dan kesigapan pemerintah sangat dibutuhkan. "Hal itu dibutuhkan agar ada kepastian hukum dan tidak terbuka peluang bagi para oknum politik untuk melebarnya isu sensitif semacam ini ke ranah politik dan dijadikan senjata untuk menciptakan ketidakstabilan di Sulteng maupun daerah-daerah lainnya di Indonesia," tegasnya. (R-1)

Baca Juga

Antara

RUU Pemilu Perlu Tingkatkan Batas Sumbangan Kampanye

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:30 WIB
Ia juga mendorong agar laporan dana kampanye diatur lebih ketat dengan dengan audit investigatif, transparan, dan...
Antara

Munarman FPI Berang ke PPATK, Ini Penyebabnya

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:06 WIB
“Memangnya kalau dari luar negeri itu otomatis bandit semua apa, koruptor semua apa? Seperti para elit di sini,”...
Antara

PPATK Sebut FPI Banyak Terima Dana dari Luar Negeri

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 24 Januari 2021, 19:45 WIB
"Iya itu betul, tapi kan belum berarti bisa disimpulkan apa-apa. Transaksi ke luar negeri biasa juga dilakukan organisasi, individu,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya