Selasa 03 November 2020, 13:25 WIB

Tiga Instansi Kerja Sama untuk Corporate University Bagi ASN Jabar

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Tiga Instansi Kerja Sama untuk Corporate University Bagi ASN Jabar

Ist/Dok.Humas LAN
Kepala LAN Adi Suryanto memberikan sambutan secara virtual dalam acara penandatanganan nota kesepahaman penyelenggaraan CorpU.

 

PENGEMBANGAN kompetensi aparatur sipil negara (ASN) harus dilaksanakan secara terintegrasi, serta sesuai antara kebutuhan pegawai dan kebutuhan organisasi.

Menindaklanjuti amanah penyelenggaraan sistem pembelajaran terintegrasi (Corporate University atau CorpU) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah tentang Manajemen PNS, maka Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bergerak cepat, bersinergi bersama mewujudkan CorpU dengan lokasi percontohan (pilot project) fokus pada ASN di lingkungan Pemprov Jabar. 

Untuk mewujudkan tujuan strategis tersebut, ditandatangani Nota Kesepahaman antara Menpan RB, Kepala LAN dan Gubernur Jabar mengenai Pengembangan Kompetensi ASN Pemprov Jabar melalui CorpU pada Selasa (3/11).

Nota Kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen nyata untuk segera mewujudkan dan menyelenggarakan CorpU yang dimulai dari Jabar sebagai pemantiknya.

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilaksanakan secara virtual yang dihadiri langsung oleh Tjahjo Kumolo (MenpanRB), Adi Suryanto (Kepala LAN), dan Ridwan Kamil (Gubernur Provinsi Jabar). Selain itu, hadir pula Bima Haria Wibisana (Kepala Badan Kepegawaian Negara) dan M. Taufik (Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia). 

Acara tersebut dilakukan melalui media zoom cloud meeting dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube Pemprov Jabar.

Nota kesepahaman antara LAN, Pemda Jabar, dan Kemenpan RB.

Dalam sambutannya, Kepala LAN Adi Suryanto menyambut positif penyusunan nota kesepahaman dan mengapresiasi atas sinergi yang dilakukan dalam rangka mengembangkan CorpU sebagai upaya transformasi pengembangan kompetensi untuk mewujudkan ASN unggul di lingkungan Pemprov Jabar.

“Pendekatan CorpU merupakan inovasi dalam upaya pengembangan kompetensi ASN. Melalui CorpU, strategi pengembangan organisasi dan pencapaian tujuan organisasi diselaraskan dengan pengembangan kompetensi pegawai’ tambah Adi Suryanto.

CorpU juga merupakan upaya perubahan cara pandang (mindset), di mana ASN sekarang menjadi aset dan merubah fokus pelatihan tidak lagi kepada pelatihan manajerial semata, tetapi juga pelatihan teknis yang selaras dengan rencana pengembangan kompetensi pegawai dan kebutuhan organisasi.

Sedangkan, Gubernur Provinsi Jabar, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa hari ini menjadi momentum bersejarah, karena terjalin kesepakatan bersama untuk mengubah pengelolaan SDM agar mampu beradaptasi secara cepat mengatasi perubahan.

Ridwan Kamil juga menambahkan, pandemi Covid memberikan pembelajaran berharga bagi kita, karena melahirkan budaya baru dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Gubernur Jabar mengatakan,“Ke depan, diharapkan perubahan yang dilakukan lebih dikarenakan semangat untuk belajar, bukan karena tuntutan keadaan yang tidak menyenangkan. Pada masa depan, ASN yang kerjanya rutin akan diganti dengan artificial intelligence dan internet of things ”.

Pada bagian akhir sambutannya, Ridwan Kamil mengapresiasi dijadikannnya Jabar sebagai lokasi percontohan CorpU, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan semangat berkompetisi ASN Jabar.

Pada bagian akhir acara, dalam sambutannya Menpan RB, Tjahjo Kumolo menegaskan kebanggaannya atas tercapainya kesepakatan bersama hari ini.

“CorpU selaras dengan semangat Presiden dan Wakil Presiden yang menjadikan salah satu fokus pemerintahan saat ini adalah penyiapan ASN unggul yang terampil dan menguasai Iptek serta mampu melaksanakan tugas-tugas strategis pembangunan,” tambah Tjajho Kumolo.

Menpan RB juga menambahkan melalui CorpU ini akan dilakukan kerja-kerja kolaboratif dan sinergik untuk mewujudkan ASN profesional sebagai pelayan masyarakat. "Penerapan CorpU ini sangat penting yang diawali dari Jabar, yang didukung oleh Kemenpan RB dan LAN," tambah Tjahjo Kumolo.

Acara nota kesepahaman ini terasa begitu penting, dengan kehadiran pejabat pimpinan tinggi madya dari Para Pihak, yaitu Reni Suzana (Sekretaris Utama LAN), Muhammad Taufiq (Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN), Teguh Widjinarko (Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenpanRB) dan Setiawan Wangsaatmaja (Sekretaris Daerah Pemprov Jabar).

Selain itu, dalam pelaksanaan acara ini dihadiri juga oleh pejabat dari instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. 

Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati menambahkan bahwa CorpU sangat terkait erat dengan fungsi LAN sebagai Instansi Pembina Pelatihan ASN yang bertanggung jawab terkait penyelenggaraan pengembangan kompetensi ASN melalui jalur pelatihan.

“LAN, KemenpanRB dan Pemprov Jabar sepakat untuk menjadikan Jabar sebagai lokasi percontohan (piloting) pelaksanaan CorpU,” ujar Tri Atmojo.

Selain itu, Tri Atmojo menambahkan bahwa Nota Kesepahaman ini berlaku selama 5 tahun sejak ditandatangani dan berdasarkan Nota Kesepahaman ini, maka pihak Kemenpan RB akan menyusun kebijakan Corpu, sedangkan LAN akan menyiapkan pedoman dan standar penyelenggaraan CorpU.

“Dimulai dari Jabar sebagai pemantik, ke depan diharapkan CorpU dapat dilaksanakan oleh seluruh Instansi Pemerintah, baik pusat maupun daerah,” tutup Tri Atmojo. (RO/OL-09).

Baca Juga

Dok. DPR Papua

DPR Papua Sambangi Fraksi-fraksi di DPR RI Soal Revisi Otsus

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:45 WIB
Menurut Boy, selama ini banyak opini yang berkembang baik dari pemerintah maupun DPR RI melalui Pansus terkait Revisi UU Otsus yang hanya...
Dok Komnas HAM

Komnas HAM akan Panggil BIN dan BNPT soal Polemik TWK

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:57 WIB
Anam mengatakan Komnas HAM sudah melayangkan surat undangan permintaan keterangan untuk Badan Intelijen Strategis TNI, BNPT, dan...
Antara

63.950 Benur Selundupan Berhasil Disita Aparat di Jambi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 22 Juni 2021, 21:30 WIB
Benur yang disita terdiri dari 62.400 ekor jenis pasir dan 577 ekor jenis mutiara serta jurong jenis pasir atau benur yang mulai menghitam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya