Rabu 28 Oktober 2020, 10:15 WIB

Hari Ini, Sugi Nur akan Ajukan Penangguhan Penahanan

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Hari Ini, Sugi Nur akan Ajukan Penangguhan Penahanan

ANTARA/Kemal Tohir
Terdakwa kasus pencemaran nama baik melalui media sosial Sugi Nur Raharja mengikuti sidang putusan di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur

 

SUGI Nur Raharja mengajukan penangguhan penahanan ke penyidik Bareskrim Polri di Jakarta Selatan. Dia sudah ditahan atas kasus dugaan ujaran kebencian sejak Sabtu (24/10).

"Insyaallah, hari ini, Rabu (28/10) pukul 11.00 kuasa hukum mengajukan surat permintaan penangguhan secara tertulis," kata Kuasa Hukum Sugi Nur, Chandra Purna Irawan, dalam keterangan resmi, Rabu (28/10).

Chandra mengaku akan membawa surat beserta satu bundel jaminan dari berbagai pihak. Sugi Nur mendapat jaminan tahanan kota dari tokoh-tokoh, alim ulama, aktivis, ustaz, dan keluarga.

"Sebelumnya pengajuan penangguhan secara lisan sudah disampaikan pada waktu Gus Nur ditahan," ujar Chandra.

Baca juga: Polri: Sugi Nur Unggah Pernyataan ke Youtube karena Peduli NU

Sugi Nir ditetapkan sebagai tersangka terkait ujaran kebencian pada Nahdlatul Ulama (NU). Dia ditangkap lantaran telah menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan yang bermuatan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) serta penghinaan

Sugi Nur menyebut Nahdlatul Ulama ugal-ugalan dalam dialog di YouTube. Dia mengatakan kepada polisi ucapan itu sebagai rasa kepedulian karena NU telah berubah.

Sugi Nur dilaporkan ke Bareskrim Polri pada Rabu (21/10). Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/0596/X/2020/Bareskrim.

Sugi Nur dipersangkakan Pasal 45A ayat 2 Jo Pasal 28 ayat (2) dan atau Pasal 45 ayat (3) Jo Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor (UU) 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 156 KUHP dan atau Pasal 310, 311 dan 207 KUHP. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

ICJR Minta Temuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat Diusut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:08 WIB
ICJR juga meminta kepada Presiden untuk memerintahkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) untuk melakukan penyidikan...
MI/ADAM DWI

KPK: IPK 2021 jadi Gambaran Pemberantasan korupsi masih Butuh Perbaikan

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:45 WIB
Khususnya pada dua sektor, yakni korupsi politik dan penegakan hukum. Kedua aspek itu masih belum ada perbaikan yang...
 ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Diduga Lakukan Praktik Perbudakan, Bupati Langkat Mesti Dihukum Berat

👤Andhika prasetyo 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:21 WIB
Ia pun berharap aparat penegak hukum mendengar suara hati dan rasa keadilan masyarakat dan menghukum seberat-beratnya pelaku praktik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya