Kamis 27 Agustus 2020, 08:09 WIB

Masyarakat Diminta Cek Daftar Pemilih Pilkada 2020

Kautsar Bobi | Politik dan Hukum
Masyarakat Diminta Cek Daftar Pemilih Pilkada 2020

ANTARA/Ardiansyah
Petugas PPDP melakukan coklit daftar pemilih Pilkada Kota Bandar Lampung 2020 di Kelurahan Durian Payung, Bandar Lampung, Lampung.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) meminta masyarakat memastikan nama mereka telah masuk dalam daftar pemilih pada Pilkada 2020. Pengecekan daftar pemilih dapat dilakukan dengan mengkases www.lindungihakpilihmu.go.id.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, silahkan cek," ujar Ketua KPU Arief Budiman, di Jakarta, Rabu (26/8).

Selain melalui daring, masyarakat dapat mengecek langsung ke kantor KPU di daerah penyelenggara Pilkada 2020. Serta kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan kantor kelurahan dan desa.

"Memastikan Anda terdaftar atau belum. Karena (ada) masa perbaikan data dari daftar pemilih sementara menjadi daftar pemilih tetap," jelasnya.

Baca juga: Rekap-E Memudahkan Rekapitulasi Suara Berjenjang

Arief menambahkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 tidak hanya dilakukan saat pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Melainkan dapat berperan aktif dalam setiap tahapan Pilkada 2020 yang telah berlangsung.

Masyarakat juga diminta mengikuti kampanye yang digelar bakal calon kepala daerah. Sehingga mengetahui secara pasti kompentensi calon kepala daerah yang akan dipilih.

"Agar Anda mendapatkan informasi yang cukup sebagai bahan untuk menentukan siapa calon terbaik yang memang layak," imbuhnya.

KPU telah selesai melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) sejak 13 Agutus 2020. Data tersebut tengah disusun untuk menjadi daftar pemilih sementara (DPS). Kemudian akan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

Kasus Asabri Indikasikan Cuci Uang

👤 (Tri/P-2) 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:55 WIB
JAKSA Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung sudah menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) terhadap kasus dugaan korupsi...
MI/SUSANTO

Sebagian RUU Tinggal Ketuk Palu

👤(Sru/P-2) 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:50 WIB
SETELAH menetapkan 33 rancangan undang-undang (RUU) yang masuk ke Prolegnas RUU Prioritas 2021 bersama...
MI/ADAM DWI P

Gaduh DKPP-KPU Usik Kepercayaan

👤CAHYA MULYANA 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:40 WIB
PUTUSAN Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengenai pemberhentian Arief Budiman dari jabatannya sebagai ketua Komisi Pemilihan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya