Sabtu 11 April 2020, 13:33 WIB

Terbitkan Perpres 54/2020 PKS Sebut Jokowi Langgar Konstitusi

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Terbitkan Perpres 54/2020 PKS Sebut Jokowi Langgar Konstitusi

Dok.MI
Ilustrasi

 

ANGGOTA Komisi III DPR, Aboebakar Alhabsyi, menyayangkan keputusan Presiden Jokowi yang telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian APBN 2020. Pasalnya, apa yang digariskan konstitusi tidak ditaati oleh presiden.

"Saya sangat menyayangkan jika presiden diberikan masukan untuk menerbitkan Perpres untuk APBN," ujar Aboebakar, dalam keterangan pers, Sabtu, (11/4).

Ia mengatakan bisa memahami pemerintah perlu kerja cepat untuk menangani korona. Namun, dalam pasal 23 ayat 2 UUD 1945 menyatakan bahwa APBN itu direncanakan oleh Presiden dan dibahas bersama dengan DPR.

Baca juga: Angin Segar, Perusahaan Pers Bakal Dapat Insentif

Artinya setelah disusun oleh pemerintah, APBN perlu dibahas bersama dengan parlemen. Selain itu pada pasal 23 ayat 1 dikatakan bahwa APBN itu ditetapkan dengan UU, bukan Perpres.

"Sebenarnya DPR siap melakukan akselerasi dalam pembahasan anggaran," ujar Aboebakar.

Ia menjelaskan, secara prinsip semua pembahasan UU dan Anggaran memang seharusnya fokus untuk tangani korona. Kesampingkan dulu pembahasan yang tidak terkait korona seperti Omnibus Law maupun anggaran untuk ibu kota.

"Keselamatan rakyat harus menjadi prioritas utama kita. DIsinilah diperlukan sinergitas Pemerintah dan DPR untuk mengatur kebijakan secara akseleratif," ujar Aboebakar.

Aboebakar mengatakan seharusnya para ahli hukum di Istana dapat memberikan masukan yang baik untuk presiden. Jangan sampai nanti rakyat melihat langkah yang diambil presiden ini inskonstitusional. "Apa yang digariskan konstitusi kita tidak ditaati oleh presiden," ujar Aboebakar.(OL-4)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Terpilih jadi Ketua DMI Sulteng

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:25 WIB
Ahmad M Ali bersedia dan siap mengembangkan DMI, serta mengoptimalkan program-program yang pengembangan fungsi...
Dok.MI

Anggota Brimob Tertembak saat Baku Tembak dengan KKB di Kiwirok

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:10 WIB
Awalnya KKB menyerang dengan menembaki anggota yang sedang melakukan pengamanan kedatangan helikopter Polri sehingga terjadi baku...
ANTARA/Ist

SMRC: Wacana Penundaan Pemilu 2024 Bukan Aspirasi di Tingkat Massa

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:44 WIB
Sirojudin pun memandang belum ada konsensus di antara para penyelenggara negara, baik pemerintah maupun DPR, untuk mengundurkan jadwal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya