Jumat 02 Agustus 2019, 18:39 WIB

KPU Yakin Menang Gugatan Sengketa Pileg 2019 di MK

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU Yakin Menang Gugatan Sengketa Pileg 2019 di MK

MEDIA INDONESIA/SUSANTO
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) yakin akan memenangkan banyak perkara pada Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019.

"Kami meyakini Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan itu sesuai dengan yang kami dalilkan. Kami sudah menjalankan seluruh proses tahapan pemilu legislatif dengan benar, juga tahapan pemilu DPD," ucap Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, di Gedung KPU, Jakarta (2/8).

Baca juga: Putusan PHPU Pileg Dibacakan Sesuai Jadwal

Adapun, jadwal putusan PHPU Pileg yang dikeluarkan MK ialah pada Selasa (6/8) mendatang. Pada saat itu, MK akan memutus 20 perkara, lalu pada Rabu (7/8) MK akan memutus 23 perkara. Selanjutnya, Kamis (8/8) MK memutus 22 perkara, dan hari terakhir pada Jumat (9/8) MK memutus 20 perkara.

"Kami sudah jawab permohonan dan sudah menghadirkan bukti dan saksi pada sidang kemarin. Kami meyakini bahwa itulah yang disampaikan sesuai fakta sebenarnya, sehingga kami yakin apa yang disampaikan penyelenggara pemilu di daerah sudah benar," terang Pramono.

Pihaknya juga akan mematuhi segala putusan MK. Misalnya, seperti adanya penghitungan suara ulang, rekapitulasi ulang atau bahkan adanya pemungutan suara ulang (PSU).

"Ya, tentu KPU harus taat sepenuhnya. Bahkan, kalau MK memerintahkan (adanya PSU), tentu KPU harus tunduk dan patuh," tandas Pramono. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Hasil Autopsi Ulang Brigadir J Dipaparkan Besok

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:52 WIB
Autopsi ulang dilakukan atas permintaan orang tua Brigadir J yang tidak percaya anaknya tewas akibat baku...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

KPK Bua Opsi Gabungkan Perkara Surya Darmadi ke Kejagung

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:46 WIB
Penggabungan tersebut penting untuk efektivitas penanganan perkara. Tersangka pun ketika diadili tak repot untuk mengikuti beberapa...
Antara

Halangi Penyidikan Korupsi Surya Darmadi, Kejagung Periksa Satu Saksi

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:42 WIB
Saksi tersebut merupakan petinggi di perusahaan milik Surya Darmadi. Diketahui, Surya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya