Senin 04 Maret 2019, 08:45 WIB

Demokrat Dituding tidak All Out Dukung Prabowo-Sandi

Demokrat Dituding tidak All Out Dukung Prabowo-Sandi

ANTARA/Dhemas Reviyanto

 

PENGAMAT politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie menilai absennya Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono dalam tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membuat partai itu tidak all out mendukung paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 02.

Jerry, di Jakarta, Minggu (3/3), mengatakan dengan SBY menarik diri dari timses lantaran menemani sang istri yang sedang dirawat di salah satu RS Singapura, dampaknya akan berpengaruh terhadap elektoral Prabowo-Sandi.

Hal itu lantaran selain Demokrat adalah koalisi penting di BPN, SBY juga punya peran sangat vital untuk mengangkat branding Prabowo-Sandi.

"Dengan tidak aktifnya SBY akan berpengaruh besar. Pasalnya, Demokrat selain masih masuk 6 besar, hegemoni dan simpatisan mereka cukup signifikan," ujar dia lagi.

Baca juga: Para Ulama Banten Dukung Penuh Jokowi-Amin

Sehingga, kata dia, otomatis membuat daya gedor akan pincang.     

"Tim BPN harus mencari alternatif pengganti SBY. Saya nilai AHY bakal tidak ngotot di kampanye nanti karena mereka lagi terfokus ke Ani Yudhoyono dan pilpres agak terbengkalai," imbuhnya.     

Sedangkan Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Berkarya akan lebih ngotot. Semua keputusan Demokrat ada di tangan SBY, sehingga Demokrat bakal tidak optimal, tidak seperti sebelum Ibu Ani berobat ke Singapura.

"Ini bisa jadi 'No Balancing' tak ada keseimbangan lagi. Saya duga politik bersayap dan dua kaki kembali dimainkan Demokrat. Mereka tidak akan all out dalam timses. Paling tidak mereka lebih prioritas lolos 4% PT," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

MI/ HO

Kemendagri Gelar Rakor Percepat Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK dan APIP

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 20:42 WIB
Kemendagri dan BNPP meraih opini WTP atas Laporan Keuangan oleh BPK RI sebanyak delapan kali berturut-turut sejak...
Dok MI

Pancasila Selalu Relevan Diterapkan

👤Sri Utami 🕔Jumat 30 September 2022, 20:09 WIB
Saat ini Pancasila mulai dipengaruhi oleh tiga ideologi besar dunia yang berusaha untuk menarik dan mengembangkan dasar...
DOK MI

Partai Politik Sebaiknya Prioritaskan Kadernya Pada Pilpres

👤Widhoroso 🕔Jumat 30 September 2022, 19:58 WIB
JELANG Pemilu 2024, partai politik (oparpol) didorong untuk majukan kader internalnya sendiri. Hal ini dalam rangka menguatkan kualitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya