Selasa 29 Januari 2019, 18:05 WIB

Pemilih Harus Tahu Latar Belakang Caleg

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Pemilih Harus Tahu Latar Belakang Caleg

. MI/PIUS ERLANGGA

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan daftar nama caleg mantan narapidana ke publik. Menurut Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini, pihaknya menyambut baik rencana itu. Pengumuman caleg mantan narapidana dapat bermanfaat bagi pemilih agar mengetahui rekam jejak caleg tersebut.

"Saya kira itu hal yang positif karena bisa membantu pemilih memastikan betul rekam jejak setiap caleg. Manfaatnya, bagaimana pemilih menjadi well-informed. Pemilih akan mengetahui bahwa caleg tersebut memiliki masalah hukum, maka ketika dia memilih si caleg, ada konsekuensi yang didapati," jelas Titi di Jakarta, Selasa (29/1).

Menurut Titi, apa yang dilakukan KPU perihal pengumuman caleg mantan narapidana sesuai aturan UU Pemilu 7/2017. Upaya tersebut dilakukan, agar Pemilu Serentak 2019 bisa berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis.

Baca juga: DPR Minta KPU Pastikan Dasar Hukum Umumkan Caleg Mantan Koruptor

"Konsep jujur tidak hanya mengikat menjalankan kompetisi secara jujur, juga menuntut perilaku caleg untuk berkontestasi dengan cara jujur pula yaitu dengan cara mau membuka rekam jejak dan profilenya kepada publik," terang Titi.

Disisi lain, Titi mengaku pihaknya kesulitan mendata secara rinci perihal mengakses nama caleg yang mempunyai masalah hukum. Hal itu disebabkan banyaknya caleg yang tidak mau membuka data dirinya atau Curriculum Vitae (CV) di web di KPU.

"Di dalam dokumen profile caleg, tidak ada informasi bahwa dia mantan terpidana saat penyerahan dokumen ke KPU. Kalau tokoh publik yang dikenal cukup mudah diketahui, tapi kalau level provinsi lalu kemudian kabupaten/Kota untuk DPR dan DPRD pengumuman akan dilakukan pada tingkat lokal, daya jangakuanya hanya lokal," kata Titi.

"Khusus bagi pimpinan partai yang calegnya tidak mau buka rekam jejak, apakah itu karena kendala teknis karena tidak kehati-hatian mengupload formulir pencalonan atau memang kesengajaan sikap partai yang tidak mau membuka cv caleg?" tanyanya. (OL-7)

Baca Juga

dok.DPR-RI

Partai Golkar Solid Usung Airlangga Capres di 2024

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:20 WIB
KETUA DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga menegaskan, pengurus Golkar baik pusat dan daerah seluruh Indonesia solid mendukung Airlangga...
dok.Ant

Pencabutan Perizinan Pertambangan, Perkebunan dan Kehutanan harus Transparan

👤Denny Susanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:35 WIB
KEBIJAKAN pemerintah mencabut ribuan izin sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan dengan alasan menata kelola sumber daya alam...
Ist

LPOI-LPOK Dukung Pengadaan Perppu Pelarangan Ideologi selain Pancasila

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:25 WIB
Tantangan utama bangsa Indonesia hari ini ialah penyebaran ideologi yang bertentangan dengan ideologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya