Selasa 26 April 2022, 23:47 WIB

Suzuki Kasih Tips Mudik dengan Sepeda Motor

RO | Otomotif
Suzuki Kasih Tips Mudik dengan Sepeda Motor

SZUKI INDOMOBIL SALES
.

 

MUDIK menggunakan sepeda motor masih menjadi alternatif bagi sebagian masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengimbau agar ekstra hati-hati terutama menyangkut faktor keamanan. SIS juga memberikan kiat-kiat apa saja yang harus disiapkan pemudik yang akan melakukan  perjalanan mudik menggunakan sepeda motor. 

Menurut Assistant to Service Departement Head SIS Hariadi, agar perjalanan aman, nyaman dan lancar sebaiknya konsumen memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Kelengkapan SIM dan STNK

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Tanda Mengemudi) C yang masih berlaku. Surat-surat tersebut membuktikan legalitas administratif kendaraan dan bukti bahwa Anda telah memenuhi syarat mengemudikan sepeda motor.

Gunakan Helm SNI

Gunakanlah helm yang sesuai dengan standar yang ditetapkan di Indonesia dengan tanda logo SNI. Pastikan pengunci tali pengikat helm berfungsi, dan kaca helm bersih dan jernih.

.Jas Hujan dan Alat-alat Motor

Saat ini cuaca sangat tidak bisa ditebak, bawalah jas hujan sebagai persiapan. Selain jas hujan, pastikan juga untuk membawa tool kit motor seperti obeng, kunci busi, kunci pas, dan lain-lain.

Rute Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya mempelajari rute mana yang akan digunakan untuk menghindari kemacetan atau salah arah yang bisa mengakibatkan waktu tempuh menjadi terulur, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, dan dapat membuat kondisi pengendara menjadi lelah.

Periksakan kendaraan ke bengkel resmi Suzuki

Melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi sebelum mudik wajib untuk dilakukan untuk memastikan kendaraan diperiksa oleh tenaga ahli. Apabila ada suku cadang yang rusak maka akan diganti dengan yang resmi dan pemasangannya sesuai prosedur. 

Perhatikan Muatan

Perjalanan jauh seperti mudik sangat memerlukan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perhatikan muatan kendaraan. Jangan membawa muatan yang berlebihan, baik muatan penumpang maupun barang bawaan. Muatan yang berlebihan dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan membahayakan pengendara.

.Jangan Memaksakan Diri

Jangan sesekali memaksakan diri, seperti memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, maupun memaksakan fisik saat sudah kelelahan atau mengantuk.  Beristirahatlah di tempat yang layak, serta maksimal berkendara setiap 3 jam sekali agar kondisi badan selalu prima dalam berkendara.

“Untuk menemani perjalanan mudik para pemotor, kami telah menyiapkan 15 Bengkel Siaga Suzuki yang ada di sepanjang jalur mudik Jawa. Konsumen Suzuki dapat memanfaatkan fasilitas tersebut jika mengalami kendala teknis saat di perjalanan. Kami harap fasilitas dan pelayanan yang ada di Bengkel Siaga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pemudik,” tutup Hariadi.

Bengkel Suzuki tersebar di sepanjang jalur mudik, seperti di Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, serta beroperasi mulai 29 April sampai 6 Mei 2022. Di Bengkel Siaga Suzuki, konsumen akan dilayani oleh petugas serta teknisi yang ahli dan berpengalaman.

Protokol kesehatan pun tetap diterapkan dengan penyediaan hand sanitizer, disinfectant, dan masker. Selain itu, pengendara juga dapat memanfaatkan fasilitas lainnya seperti ruang tunggu, camilan, musala, serta toilet. (S-4)

Baca Juga

Ist

Tim DS Garage - Aparthouse Indonesia Mencuri Perhatian di Mandalika Track Day

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 09:55 WIB
Mandalika Track Day yang diadakan di 20 – 21 Mei 2022 telah menjadi ajang olahraga otomotif yang telah berhasil menarik perhatian di...
DOK Sinar Mas Land.

Kendaraan Listrik Otonom Pertama Hadir di Indonesia, Warga Dapat Coba Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 15:31 WIB
Kendaraan otonom itu mengandalkan sensor untuk berjalan dan berhenti. Ketika sensornya mendeteksi ada orang atau benda lain yang sangat...
DOK.DFSK

DFSK Gelora E Siap Dukung Program Kendaraan Ramah Lingkungan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:50 WIB
Model minibus ini sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan angkutan shuttle di lingkungan KTT G20 serta nyaman dan ramah lingkungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya