Minggu 24 April 2022, 21:08 WIB

Tips Mudik Bersama Mercedes-Benz

RO | Otomotif
Tips Mudik Bersama Mercedes-Benz

MERCEDES-BENZ DISTRIBUTION INDONESIA
.

 

SETELAH dua tahun merayakan bulan Ramadan di rumah, kondisi pandemi, Pemerintah Indonesia akhirnya memberikan kelonggaran tahun ini untuk melakukan mudik lebaran. Berikut ini adalah beberapa tips dari Mercedes-Benz untuk #GetReadyWithMercedes sebelum melakukan perjalanan mudik:

Menyiapkan barang-barang esensial untuk perjalanan seperti: obat-obatan, makanan ringan, masker, pembersih tangan, bantal, selimut, buku dan mainan terutama untuk anak-anak.

Periksa rute perjalanan Anda. Gunakan aplikasi GPS untuk mementukan rute. Anda bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan dan juga lokasi-lokasi yang bisa disinggahi sepanjang perjalanan. Bagi pengguna Mercedes-Benz, Anda bisa menyambungkan smartphone Anda ke sistem MBUX, dan GPS akan langsung terkoneksi ke layar di mobil. Gunakan fitur 'Hey Mercedes' dan sebutkan lokasi tujuan Anda.

Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Karena Anda akan mengemudikan mobil sendiri, dianjurkan untuk istirahat yang cukup malam sebelumnya. Jika di perjalanan Anda merasa mengantuklah di rest area terdekat untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalananan.

Periksa kondisi mobil Anda sebelum perjalanan untuk memastikan mobil aman digunakan untuk perjalanan jarak jauh, mulai dari sistem pengereman. Bagi pengguna mobil Mercedes-Benz, kendaraan Anda sudah dilengkapi dengan sensor brake wear indicator yang akan menginformasikan apabila dibutuhkan penggantian kampas rem.  

Periksa bagian roda dan ban mobil. Tekanan ban yang rendah bisa berbahaya dan menyebabkan ban pecah. Tekanan ban yang rendah juga dapat mempengaruhi performa kendaraan dan juga efisiensi bahan bakar. Bagi mobil dengan ban cadangan, jangan lupa untuk memeriksa kondisi dan tekanan ban cadangan agar aman digunakan jika perlu. Untuk pengguna Mercedes-Benz, jika tidak ada ban cadangan, silakan memeriksa tanggal kadaluarsa Mercedes-Benz Tirefit Kit. Disarankan untuk melakukan wheel aligment untuk meminimalkan keausan dini pada ban, serta memastikan pengendalian mobil yang optimal. 

Periksa Baterai/aki apakah terjadi kebocoran, korosi atau kerusakan. Jika sudah berusia lebih dari 2 tahun, dianjurkan untuk memeriksa di bengkel.

Periksa bagian eksterior mobil, mulai dari fungsi lampu sen, lampu utama, lampu jauh, fog lamp, dan lampu rem. Periksa kaca depan, apa kah ada kerusakan, bercak air atau mineral deposit yang menempel. Hal ini dapat mengganggu pandangan saat hujan atau saat berkendara malam hari. 

Periksa wiper untuk memastikan tidak ada retakan atau sobekan, dan masih elastis. Kondisi wiper bisa menurun karena penggunaan dan faktor cuaca. Periksa juga cairan wiper agar tetap bisa digunakan saat perlu. Penggunaan produk pembersih khusus kaca mobil seperti Mercedes-Benz Windshield Washer Concentrate dapat membantu membersihkan kaca depan dengan efektif.
 
Periksa mesin untuk memastikan kondisi baik. Pastikan saluran dan selang di kompartemen mesin berada pada kondisi baik, tidak bocor, terarah dengan benar dan terpasang dengan aman. Periksa tingkat oli mesin agar berada di atas batas minimal. Periksa tingkat ketinggian cairan pendingin radiator, tambahkan jika perlu.

Gunakan fuel additive yang disetujui oleh pabrikan mobil, seperti contohnya Mercedes-Benz Genuine Fuel Additive untuk membantu mengontrol kestabilan kualitas bahan bakar, mengurangi endapan atau kerak pada piston, injektor dan ruang bakar. (S-4)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Kendaraan Listrik Otonom Pertama Hadir di Indonesia, Warga Dapat Coba Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 15:31 WIB
Kendaraan otonom itu mengandalkan sensor untuk berjalan dan berhenti. Ketika sensornya mendeteksi ada orang atau benda lain yang sangat...
DOK.DFSK

DFSK Gelora E Siap Dukung Program Kendaraan Ramah Lingkungan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:50 WIB
Model minibus ini sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan angkutan shuttle di lingkungan KTT G20 serta nyaman dan ramah lingkungan...
MMKSI

MMKSI Sukses Menjual 10.008 Unit Sepanjang April 2022

👤RO 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:50 WIB
Pencapaian penjualan MMKSI sepanjang April 2022 sebanyak 10.003 unit kendaraan yang merupakan kombinasi dari penjualan kendaraan penumpang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya