Jumat 19 Maret 2021, 00:28 WIB

40 Tahun Airbag dan Belt Tensioner Mercedes-Benz (II)

mediaindonesia.com | Otomotif
 

Pengencang sabuk pengaman (seat belt tensioner) awalnya disebut sebagai belt tightener. Inovasi ini hadir bersamaan dengan diperkenalkannya fitur airbag oleh Mercedes-Benz. Mulai 1984 inovasi ini berubah nama seperti yang kita kenal hingga kini yaitu seat belt tensioner.

Pengencang sabuk pengaman ini sudah menjadi perlengkapan standar untuk kursi depan semua mobil penumpang Mercedes-Benz. Belt tensioner atau penegang sabuk pengaman bereaksi terhadap sinyal sensor yang sama seperti airbag pengemudi.

Ssistem kerjanya juga dipicu oleh percikan api yang terkontrol dimana muatan propelan diletupkan untuk mengencangkan sabuk pengaman pada tiga titik kursi hanya dalam waktu milidetik. Hal ini menghilangkan kekosongan ruang antara tubuh bagian atas penumpang dan sabuk pengaman, sehingga pengemudi dan penumpang depan ditahan erat oleh sabuk pengaman di kursi masing-masing.

Perkembangannya terus berlanjut selama bertahun-tahun setelahnya. Sejak 1995, penegang sabuk pengaman digabungkan dengan pembatas daya sabuk, dan pada 2002 para insinyur menambahkan pengencang sabuk pengaman elektronik ke penegang sabuk piroteknik dengan pengenalan sistem perlindungan penghuni preventif PRE-SAFE®. 

Berbeda dengan penegang sabuk pengaman piroteknik, sistem elektroniknya bekerja secara reversible: sabuk pengaman dapat dilonggarkan lagi jika tidak terjadi benturan. (S-4)

Baca Juga

CHARGED

Charged Ajak Media Kunjungi Pabrik Perakitan Motor Listriknya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 22:49 WIB
Sebagai fasilitas perakitan kendaraan bebas emisi, Giga Shed juga beroperasi menggunakan sumber listrik yang sepenuhnya berasal dari energi...
HMID

Creta dan Stargazer Dominasi Penjualan Hyundai di Indonesia

👤RO 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:50 WIB
Pada periode Januari - Oktober 2022 total penjualan ritel Hyundai mencapai 24.253 unit, atau meningkat lebih dari sepuluh kali lipat...
SUBARU INDONESIA

Subaru, Urban Sneakers Society dan RawType-Riot Jalin Kolaborasi

👤RO 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:23 WIB
Kerjasama ini adalah inisiasi Subaru untuk nostalgia masa keemasan dunia Rally melalui item fashion tahun 90an bersama Urban Sneakers...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya