Rabu 18 Januari 2023, 22:24 WIB

Ginting Lakoni Pertarungan Sengit untuk Lolos ke Putaran Kedua

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Ginting Lakoni Pertarungan Sengit untuk Lolos ke Putaran Kedua

AFP/Mohd RASFAN
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting.

 

PEBULU tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melaju ke babak kedua India Terbuka 2023. Namun, untuk memenangi laga pembuka ajang BWF World Tour Super 750 itu, dia harus melakoni pertarungan sengit tiga gim.

Ginting perlu berjuang selama 81 menit untuk mengemas kemenangan atas wakil Tiongkok Lu Guang Zu. Pada laga yang berlangsung di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Rabu (18/1) petang, Ginting menang atas Lu dengan skor 19-21, 21-19 dan 21-19.

Dari awal sampai rampungnya pertandingan, pertarungan kedua pemain itu berjalan dengan ketat dan kerap terjadi kejar-kejaran angka. Karena tekanan begitu kuat, baik Ginting maupun Lu, juga banyak melakukan kesalahan sendiri.

"Tadi pertandingannya berjalan begitu  ketat. Jarak poinnya juga sangat ketat. Dari awal sampai akhir, kami kejar-kejaran poin terus. Sampai akhir pun, poinnya begitu rapat," kata Ginting dalam keterangan PBSI, Rabu (18/1).

"Terjadi adu strategi di lapangan dan saya berusaha untuk mengurangi kesalahan sendiri saja. Sebab, dalam pertandingan tadi, masing-masing pemain sering dapat poin karena lawan dan saya sering mati sendiri," jelas Ginting.


Baca juga: Bagas/Fikri Bertemu Fajar/Rian di Babak Kedua India Terbuka


Menurut Ginting, pada gim ketiga, dirinya lebih fokus bagaimana bermain lebih menyerang dan mencoba terus menekan. Cuma, saat unggul 19-15, Ginting malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Pukulannya selalu keluar. Selain itu serangannya juga sudah bisa diantisipasi lawan.

"Setelah kedudukan 19-19 di gim ketiga, saya berusaha tetap tenang karena pertandingan belum selesai juga. Kita berdua sebenarnya sama-sama tegang. Meski begitu, saya tetap berinisiatif lebih menyerang dan tekanannya ditingkatkan," tutur Ginting.

Berbekal kemenangan tersebut, di babak kedua Ginting bakal  bertemu wakil Thailand Kanthapon Wangcharoen. Pebulu tangkis negeri gajah putih itu berhasil memenangkan pertempuran melawan Kenta Nishimoto (Jepang) dengan rubber game 25-23, 11-21 dan 22-20.

"Untuk pertandingan babak kedua besok,  saya mau fokus pada diri sendiri. Saya mau recovery dulu, makan yang bagus, dan istirahat cukup agar besok bisa bermain lebih baik lagi," sebut Ginting.

Sayang, sukses Ginting itu tidak diikuti rekannya Shesar Hiren Rhustavito. Melalui laga tiga gim, pemain peringkat 24 dunia itu dikalahkan unggulan kedua asal Malaysia, Lee Zii Jia, 22-20, 19-21 dan 12-21. (OL-16)

Baca Juga

dok.Ist

Erick Thohir Komitmen Benahi Persoalan Sepak Bola Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:02 WIB
KOMITMEN tinggi terus ditunjukkan Menteri BUMN dalam keseriusannya membenahi persoalan sepak bola...
ANTARA

Bagas/Fikri Kandas Di Semifinal Thailand Masters 2023

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:45 WIB
LANGKAH ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di turnamen Thailand Masters 2023 terhenti di...
dok.Proliga

Jakarta BIN Tekuk Juara Bertahan Bandung BJB Tandamata 3-0

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:59 WIB
TIM voli putri Jakarta BIN sukses menumbangkan Bandung BJB Tandamata tiga set langsung di laga pekan pertama putaran kedua Proliga 2023...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya