Rabu 21 September 2022, 19:25 WIB

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Janjikan Rute Menantang

Budi Ernanto | Olahraga
 

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 akan menjadi perhelatan yang berbeda dari kegiatan lari marathon lainnya. Bukan tanpa alasan, Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipilih sebagai lokasi ajang marathon berkonsep sport tourism ini.

Selain untuk mempromosikan pariwisata di Labuan Bajo yang merupakan Destinasi Super Prioritas (DSP), IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang digelar 29 Oktober mendatang, menjanjikan hal yang belum tentu didapat peserta di kegiatan marathon lainnya, yakni rute sangat menantang, dibalut dengan keindahan pemandangan alam Labuan Bajo yang indah.

Ketua Panitia dari IFG, Fitri Istanti, menyebut berlari di “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” dapat menjadi capaian tertinggi seorang pelari saat berhasil menaklukkan kontur dan tantangan trek Labuan Bajo yang khas.

“IFG Labuan Bajo Marathon 2022 adalah lomba jalan raya atau road race. Akan tetapi, topografi Labuan Bajo yang berbukit membuat konturnya sangat menantang,” kata Fitri dalam keterangan resminya, Rabu (21/9).

Meski demikian, rute marathon melewati pemandangan alam yang sangat indah. Para peserta akan menikmati pemandangan bukit, lautan, dan kepulauan sekitar Labuan Bajo yang begitu memanjakan mata. Tak heran, ajang ini disebut sebagai marathon dengan rute yang menantang dan pemandangan yang menakjubkan atau the most challenging marathon route with the most beautiful scene.

“Berlari dengan elevasi yang bervariasi, cuaca tropis, serta kontur berbukit, dikombinasikan dengan pemandangan laut, gugusan pulau, dan pesona savana akan membawa setiap peserta pada pengalaman yang berkesan dan tak pernah ada sebelumnya,” kata Fitri.

Penyelenggara IFG Labuan Bajo Marathon 2022, Mesa Race, mengamini hal tersebut. CEO Mesa Race, Reza Puspo, memaparkan bahwa tantangan utama yang akan dihadapi para peserta adalah topografi berbukit khas Labuan Bajo, dengan elevasi yang bervariasi untuk setiap kategori.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

“Untuk kategori Full Marathon (42K), elevasi bahkan mencapai 500 meter di atas permukaan laut. Sedangkan untuk kategori Half Marathon (21K), peserta harus menghadapi elevasi 364 meter di atas permukaan laut,” jelasnya.

Sementara kategori 10K dan 5K masing-masing akan menghadapi elevasi sekitar 135 meter dan 73 meter di atas permukaan laut, dengan pemandangan Pantai Pede. Peserta kategori 5K dan 10K juga akan melintasi perumahan warga Labuan Bajo, sehingga dapat melihat langsung kehidupan masyarakat Labuan Bajo.

Pengalaman mengenal kebudayaan penduduk Labuan Bajo memang menjadi tawaran tersendiri dari IFG Labuan Bajo Marathon 2022 selain rute yang menantang dan pemandangan alam yang indah. Masyarakat setempat akan turut berpartisipasi langsung dengan menyambut dan memberikan semangat kepada setiap peserta sepanjang lomba berlangsung.

Tidak hanya itu, juga akan digelar pentas seni dan budaya sebagai rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Pentas seni dan budaya dalam gelaran Labuan Bajo Cultural and Food Festival akan berpusat di Waterfront, Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, yang juga menjadi lokasi pusat ajang marathon.

Festival tersebut berlangsung selama 2 (dua) malam di hari Jumat dan Sabtu (28-29/10). Selain kategori individu atau perorangan, ajang ini juga melombakan kategori kelompok Ekiden (estafet 5K) dan lomba khusus anak-anak di kategori Kids Dash (lomba sprint untuk anak-anak) 100M. Peserta lomba juga datang tak hanya dari lokal dan nasional, namun juga dari mancanegara.

Bagi yang ingin berpartisipasi di Labuan Bajo, bisa mengakses tautan ifglabuanbajomarathon.com. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan keterangan lainnya, dapat menghubungi Mesa Race di nomor 0813-4740-6087 atau email di info@mesarace.com dan informasi terbaru bisa melihat di akun @ifglabuanbajomarathon di Instagram. (R-3)

Baca Juga

Antara/Dok PB WI

Tim Wushu Indonesia Raih Lima Emas di University World Cup Combat Sports

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 04:30 WIB
University World Cup Combat Sports di Turki merupakan ajang uji coba tim wushu Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja dan Asian...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Dinilai Sukses, Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 04:15 WIB
Jakarta akan menjadi lokasi penyelenggaraan seri ketiga Kejuaraan Dunia 2023, yang bakal digelar pada 6-7...
ANTARA/Muhammad Ramdan

Sarah Ayu Bersiap Tampil di Kejuaraan Dunia Menembak Reaksi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 September 2022, 03:54 WIB
Sarah punya bekal setelah sukses meraih medali emas kategori Lady Open di kejuaraan menembak IPSC French National Optic Sight 2022, di CNTS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya