Kamis 15 September 2022, 19:07 WIB

Pol Espargaro Ungkap Alasan Pisah dengan Honda

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Pol Espargaro Ungkap Alasan Pisah dengan Honda

AFP/JAVIER SORIANO
Pembalap Moto-GP Pol Espargaro (kanan)

 

PEMBALAP Moto-GP Pol Espargaro mengungkapkan alasannya untuk tidak memperpanjang kontrak bersama tim Repsol Honda untuk musim 2023. Rider berusia 31 tahun itu menyatakan mendapat tawaran perpanjangan kontrak dari tim pabrikan asal Jepang itu.

Setelah bergabung bersama Repsol Honda selama dua musim, Espargaro memutuskan untuk berpisah dengan Honda. Pembalap asal Spanyol itu memilih kontrak baru bersama tim Tech 3 KTM yang akan rebranding menjadi GasGas pada Moto-GP 2023.

"Saya sebenarnya punya kesempatan bertahan di Honda dan saya sangat menghormati itu," ujar Espargaro dikutip dari Motorsport, Kamis (15/9).

"Mereka tidak mengatakan kepada saya, ‘Anda tidak cukup bagus, jadi tinggalkan proyek’. Mereka gembira dengan saya dan memberi saya kesempatan untuk lanjut, tapi saya memilih sesuatu yang lain," sambungnya.

Dijelaskan Espargaro, situasi internal yang kurang kondusif. Komunikasi antara tim di Eropa dan Jepang yang memiliki hambatan sepanjang musim 2022, membuat dia memilih kembali ke lingkungan lamanya di KTM, meski harus diplot ke tim satelit.

Espargaro juga tidak yakin dengan semua program musim depan yang dipresentasikan Honda. Dia merasa keluhannya selama ini tidak direspons sesuai harapan.

"Selama beberapa tahun ini, Honda mengalami kesulitan tapi situasi tahun ini luar biasa. Di sisi lain, kami menghadapi rival baru, dengan para pembalap muda dan banyak didominasi oleh Ducati, yang mana membuat situasi lebih sulit," ucapnya.

"Kami kesulitan, motor tidak bekerja dengan baik, kami tidak punya suku cadang yang tersedia untuk meningkat dan semua tampak sangat lambat. Terlalu banyak hal yang membutuh waktu panjang untuk meningkatkan performa motor dan itu merugikan kami dalam balapan dan membuat Anda kalah, kalah, dan kalah, yang mana sungguh membuat frustrasi," tuturnya.

Baca juga: Meski Masih Cedera, Espargaro Tegaskan Siap Tampil di GP Austria

Meski telah memutuskan berpisah dengan Honda, Espargaro tidak menyesal pernah gabung dengan tim pabrikan asal Jepang itu. Bersama Honda, dia telah naik podium dua kali dalam dua musim.

"Bagi pembalap, kondisi itu tidak mudah secara psikologi, tapi secara fisik dan mental, saya kira cukup matang untuk mengatasi problem dan saya tidak menyesal pernah bergabung denga Honda," jelas Espargaro.

"Saya menikmati keputusan yang saya pilih. Saya telah belajar banyak. Saya punya pengalaman luar biasa, saya bertemu orang-orang luar biasa yang membantu saya tumbuh dan saya ingin menggunakan pengalaman ini agar menjadi pembalap yang lebih baik," tukasnya.(Motorsport/OL-5)

Baca Juga

MI/ HO

Korpus BEM Nusantara Minta Pencopotan Kapolda Jatim dan Kapolres Malang

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:20 WIB
Korpus BEM Nusantara itu meminta agar Kapolda Jawa Timur dan Kapolres Malang ditindak secara...
AFP/MANAN VATSYAYANA

Oliveira Kuasai Trek Basah Buriram untuk Menangi GP Thailand

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 17:52 WIB
Start balapan seri ke-17 di kalender itu tertunda 55 menit karena hujan deras di...
dok.BIN

Final Livoli: Putri BIN 02C Juara, Kalahkan Bharata Muda Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 17:15 WIB
TIM bola voli putri Badan Intelijen Negara (BIN) O2C berhasil menjadi juara dalam Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi I, di Gor Debes,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya