Rabu 31 Agustus 2022, 22:47 WIB

Chico Tundukkan Momota di Jepang Terbuka 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Chico Tundukkan Momota di Jepang Terbuka 2022

AFP/Richard A Brooks
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo

 

PEBULU tangkis tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo membuat kejutan di putaran pertama turnamen Jepang Terbuka 2022. Atlet kelahiran Jayapura itu sukses menekuk tunggal putra nomor dua dunia Kento Momota pada pertarungan yang berlangsung Rabu (31/8).

Dalam aksinya di Maruzen Intec Arena, Osaka, Jepang, Chico tampil penuh percaya diri. Dia membungkam wakil tuan rumah Momota dalam pertandingan dua gim langsung 21-15 dan 22-20 dengan tempo 49 menit.

Adapun kemenangan ini menjadi yang kedua diraih Chico atas Momota, sebelumnya pebulu tangkis peringkat 35 dunia itu juga pernah mengalahkan Momota dalam Kejuaraan Asia Bulu Tangkis 2022 April lalu.

"Pertama mengucap alhamdulillah bisa bermain dengan baik hari ini dan tanpa cedera. Cukup senang kembali bisa mengalahkan Momota. Saya bisa enjoy di lapangan tanpa memikirkan pernah menang melawan dia. Kembali ke 0-0 lagi," kata Chico dalam keterangan resmi PBSI, Rabu (31/8).

Dijelaskan Chico, tampil lebih berani saat poin-poin kritis menjadi salah satu kunci kemenangannya. Hal itu terbukti ampuh di mana Chico semula tertinggal 17-20 namun mampu memetik kemenangan menjadi 22-20 di gim kedua.


Baca juga: Cedera Punggung, Anthony Mundur dari Jepang Terbuka 2022


"Dia pemain yang bagus jadi saya merasa excited tadi saat masuk lapangan, bisa bertemu dengan dia lagi. Tadi saya coba buat main lebih berani terutama saat poin-poin kritis di mana saya tertinggal 17-20. Momota malah temponya menurun, lalu saya coba ambil kesempatan itu," terang Chico.

Kemenangan Chico atas Momota ini menjadi momentum kebangkitan pebulu tangkis berusia 24 tahun itu. Pasalnya, sejak kemenangannya di Malaysia Masters 2022 beberapa waktu lalu Chico terus mengalami penurunan performa, di mana dia selalu terhenti di babak pertama pada dua kejuaraan sebelumnya (Singapura Terbuka dan Kejuaraan Dunia).

Melaju ke putaran kedua, selanjutnya Chico sudah di tunggu lawan lainnya yakni wakil Denmark Rasmus Gemke. Berbicara terkait pertemuannya dengan Gemke, Chico menyatakan kemenanannya atas Momota memotivasinya untuk kembali tampil maksimal dan merebut kemenangan.

"Pastinya (kemenangan atas Momota) menambah motivasi saya untuk pertandingan selanjutnya. Semoga di babak 16 besar saya bisa tampil lebih baik lagi. Dari awal bisa mengeluarkan permainan terbaik dan menikmati setiap poinnya," jelas Chico.

Sementara itu di pertandingan lain, kemenangan juga diraih tunggal putra Jonatan Christie yang berhasil menang atas wakil Belanda Mark Caljouw dalam pertarungan rubber game 21-13, 22-24 dan 21-10.

Mengamankan tiket putaran kedua, selanjutnya Jonatan akan berhadapan dengan wakil Jepang Kenta Nishimota. Menghadapi wakil tuan rumah, Jonatan menilai pertarungannya nanti akan berjalan seru dan ketat.

"Besok melawan Nishimoto akan ramai dan ketat. Saya harus waspada apalagi dia baru saja mengalahkan Lakshya Sen (India) tadi. Dia adalah tunggal putra terbaik Jepang setelah Momota," ucap Jonatan. (OL-16)

Baca Juga

 DOK : PB Djarum

Atlet PB Djarum Dominasi Podium di Indonesia International Series 2022

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 26 September 2022, 12:20 WIB
Pencapaian Mutiara menjadi yang paling menarik perhatian. Lulusan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2016 itu menjadi atlet termuda...
Dok.Manny Pacquiao Boxing Academy

Dukung Perkembangan Tinju di Indonesia, Pacquiao Siap Dirikan Sekolah di Jakarta

👤Mediaidonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 10:25 WIB
Kesepakatan Pacquiao dengan King Fahd itu dituangkan melalui Memorandum of Understanding yang mereka tandatangani di Denpasar Bali akhir...
AFP/LAURENT GILLIERON

Mesir Berencana Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 09:00 WIB
Mesir akan menjadi saingan Indonesia yang sudah terlebih dahulu mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, yang menurut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya