Rabu 31 Agustus 2022, 11:40 WIB

Cedera Punggung, Anthony Mundur dari Jepang Terbuka 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Cedera Punggung, Anthony Mundur dari Jepang Terbuka 2022

AFP/Kazuhiro NOGI
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting

 

PEBULU tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mundur dari turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka 2022.

Anthony, yang semula akan menghadapi wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn di babak 32 besar, Rabu (31/8). memutuskan mundur karena mengalami cedera punggung bagian bawah atau low back pain.

"Ginting (Anthony) mengalami cedera punggung bawah atau kita sebut low back pain," kata Grace Joselini Corlesa, dokter PBSI yang menemani tim Indonesia selama berada di Jepang.

Baca juga: Bagas/Fikri Awali Jepang Terbuka dengan Kemenangan

"Dia sudah kita terapi dan tata laksana medis sejak ada keluhan pascababak perempat final di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo kemarin," lanjutnya.

Dijelaskan Grace, walau terus membaik tapi juara Singapura Terbuka 2022 itu belum sembuh maksimal. Jadi keputusan terbaik adalah menarik diri dari turnamen BWF level Super 750 ini.

"Sampai kemarin ada progress membaik tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan resiko cederanya makin parah," tutur Grace.

Dengan kondisi tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, akhirnya memutuskan menarik keikutsertaan Anthony. Keputusan itu juga diambilnya setelah melakukan diskusi dengan pelatih tunggal putra serta tim medis.

"Saya mendengar dari pelatih Irwansyah bahwa ada satu momen ketika melawan Viktor, Ginting mencoba mengambil bola yang membuat punggungnya sakit," ujar Rionny.

"Ginting masih mencoba latihan dua hari kemarin tapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit apalagi ketika menunduk. Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk dia bertanding, jadi kita memutuskan untuk menariknya," jelas Rionny.

Lebih lanjut Rionny mengatakan, Anthony akan segera pulang ke Jakarta untuk melakukan perawatan lebih lanjut. Dia berharap dengan penanganan yang baik, Anthony bisa cepat pulih dan kembali berlatih dan bertanding.

"Rencananya Ginting akan pulang lebih awal ke Jakarta untuk mendapat perawatan di sana. Semoga dia lekas pulih dan kembali berlatih juga bertanding," harap Rionny. (PBSI/OL-1)

Baca Juga

MI/M. Iqbal Al Machmudi

Pegadaian Gelar Lomba Lari Pre Event Pegadaian Djakarta Coffee's Run 2023

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 22:25 WIB
PT Pegadaian (Persero) menggelar lomba Fun Run 5K di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu...
AFP/Lillian SUWANRUMPHA

Rebut Pole Position, Leclerc Berpeluang Besar Menang Di GP Singapura

👤Widhoroso 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:36 WIB
HASIL memuaskan didapat Charles Leclrec pada kualifikasi balap Formula 1 GP Singapura, Sabtu...
DOK ONE CHAMPIONSHIP

Jing Nan Pertahankan Gelar Juara Dunia Women’s Strawweight

👤Budi Ernanto 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:30 WIB
Mikey Musumeci menjadi juara dunia One Flyweight Submission Grappling pertama dengan kemenangan mutlak atas rival lamanya Cleber...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya