Selasa 23 Agustus 2022, 11:12 WIB

Menanti Kebangkitan Putri Kusuma Wardani

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Menanti Kebangkitan Putri Kusuma Wardani

Twitter @INABadminton
Tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani

 

LANGKAH pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, terhenti di putaran pertama Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Peraih medali perunggu SEA Games Vietnam itu kalah dari wakil Malaysia Soniia Cheah dua gim langsung 21-19 dan 21-18, Selasa (23/8).

Kekalahan ini pun memperpanjang rentetan tren negatif Putri. Berdasarkan catatan BWF, pebulu tangkis berusia 20 tahun itu selalu terhenti di putaran pertama sejak gelaran Indonesia Masters pada Juni lalu.

Ini menjadi kelima kali berturut-turut Putri langsung tersingkir di putaran pertama, dengan empat pertandingan di antaranya Putri kalah dalam pertarungan dua set langsung.

Baca juga: Bertemu Yamaguchi di 32 Besar Kejuaraan Dunia, Gregoria Pilih Fokus pada Diri Sendiri

"Tadi sebenarnya tidak ada tegang sama sekali, main normal-normal saja. Saya juga merasa saya sudah maksimal hari ini," tutur Putri dalam keterangan resmi PBSI, Selasa (23/8).

"Lawan kan sudah lama tidak bertanding dan saya sempat mempelajari permainan dia. Tangannya lumayan kuat dan variasinya bagus. Strategi saya tadi mau mempercepat tempo tapi ternyata dia masih bisa mengimbangi malah saya yang akhirnya banyak mati sendiri," imbuhnya.

Performa Putri dapat dikatakan terus mengalami penurunan, pebulu tangkis yang terkenal dengan keuletannya di lapangan pertandingan itu seperti kehilangan tajinya.

Putri padahal pernah menyudahi puasa gelar juara untuk Merah Putih selama dua tahun di nomor tunggal putri. Putri KW menunjukkan penampilan solid ketika bersua pebulu tangkis Denmark, Line Christophersen, pada partai final Spanyol Masters 2021.

Selain itu, Putri juga pernah menjadi bagian dari kesuksesan tim bulu tangkis putri Indonesia merebut gelar juara di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022, serta menjadi juara di Orleans Masters pada Maret lalu.

Sadar bahwa dirinya belum kembali menemukan permainan terbaiknya, Putri bertekad terus meningkatkan level permainan agar dapat kembali tampil kompetitif.

"Saya harus tingkatkan semua terutama bagaimana bermain di level senior dengan segala keadaan baik itu angin, shuttlecock dan lain-lain. Juga harus tambah kekuatan otot dan stabilkan fokus yang masih naik-turun," tukas pebulu tangkis peringkat 44 dunia itu. (PBSI/OL-1)

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya