Senin 23 Mei 2022, 08:30 WIB

Eng Hian Ingatkan Apriyani Kendalikan Emosi dan Kesampingkan Ego Saat Bersama Fadia

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Eng Hian Ingatkan Apriyani Kendalikan Emosi dan Kesampingkan Ego Saat Bersama Fadia

ANTARA/Zabur Karuru
Ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti (kiri) dan Apriyani Rahayu

 

PELATIH ganda putri Indonesia Eng Hian mengatakan dia selalu menekankan kepada anak asuhnya, Apriyani Rahayu, untuk menahan emosi dan mengesampingkan ego saat bermain dengan pasangan barunya, Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Apriyani/Fadia pertama kali dipasangkan sebagai ganda putri pada awal tahun ini, namun baru melakukan debut mereka di ajang SEA Games 2021 Vietnam. 

Meski berstatus debutan, mereka langsung membawa pulang medali emas kejuaraan multicabang kawasan Asia Tenggara itu setelah mengalahkan unggulan kedua asal Thailand Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Baca juga: Apriyani/Fadia Raih Medali Emas SEA Games

Eng Hian mengatakan masih ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan setelah SEA Games, termasuk meningkatkan pola permainan dan komunikasi kedua pemain, terutama saat di lapangan.

"Terutama saat di lapangan yang saya lebih tekankan ke Apri adalah menahan emosi dan ego. Kita bisa melihat level Fadia berada di bawah Apri," ujar Eng Hian.

"Apri tidak bisa memaksakan dia (Fadia) harus bisa seperti Greysia Polii atau harus seperti dirinya. Dia harus menahan emosi dan ego, dan komunikasi yang bagus ke Fadia kira-kira kurang lebihnya apa," lanjutnya.

Meski begitu, Eng Hian melihat Apri mampu mengayomi rekannya di lapangan, bahkan selalu berusaha membantu pasangannya agar tidak merasa tegang ketika bertanding.

Pelatih yang akrab disapa Koh Didi itu juga berharap Apri/Fadia bisa semakin kompak dan padu dalam setiap turnamen yang akan mereka ikuti ke depan.

Dia menargetkan anak asuhnya untuk mengikuti enam hingga tujuh turnamen sepanjang tahun ini demi mendapat posisi ranking dunia.

"Alhamdulillah mereka bisa mengatasi (tantangan), dan kita bisa melihat sosok Apri bisa membawa Fadia mengatasi rasa nervous dan tegang. Apri bisa membimbing," ucapnya.

"Masih ada setengah tahun untuk mengejar ranking dan membentuk pola permainan mereka," pungkas Eng Hian. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Adrian DENNIS

Jabeur Melaju ke Putaran Ketiga Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 05:48 WIB
Petenis Tunisia berusia 27 tahun, yang menjadi juara di turnamen lapangan rumput di Berlin, awal bulan ini, sempat dua kali dipatahkan...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Raducanu Tersingkir di Putaran Kedua Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:59 WIB
Unggulan kesepuluh yang dihantui cedera menjelang Wimbledon, dipatahkan servisnya lima kali dalam laga di Centre Court oleh lawannya yang...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Djokovic Melenggang Mulus ke Putaran Ketiga Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:32 WIB
Kemenangan kali ini merupakan kemenangan ke-23 berturut-turut bagi Djokovic di laga Grand Slam lapangan rumput...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya