Senin 09 Mei 2022, 09:35 WIB

Debut Manis Kickboxer Putri Indonesia Amanda Loupatty di SEA Games Vietnam

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Debut Manis Kickboxer Putri Indonesia Amanda Loupatty di SEA Games Vietnam

dok.NOC Indonesia
Kickboxer Indonesia Amanda Loupatty (biru) saat bertarung melawan Mimi Yoysaykham asal Laos di Bac Ninh Gymnasium, Minggu (8/5).

 

KICKBOXER Putri Indonesia, Amanda Loupatty, mengawali perjalanannya di SEA Games 2021 Vietnam dengan manis. Tampil di kelas low kick putri 52 kg putri, Amanda lolos ke semifinal usai menumbangkan wakil Laos Mimi Yoysaykham di Bac Ninh Gymnasium, Minggu (8/5).

Amanda mendominasi sepanjang pertandingan, meski ia sempat terjatuh di ronde kedua. Namun, kickboxer 21 tahun itu berhasil mengambil alih permainan dan menakhlukkan Yoysaykham.

"Seneng sekali bisa memenangkan laga ini. Dari kemarin saya gugup karena ini pertama kali saya bertanding (di cabor kickboxing) dan langsung tampil di SEA Games," kata Amanda dalam keterangan resmi KOI, Senin (9/5).

SEA Games Vietnam menjadi debut Amanda di kickboxing. Sebelumnya dara kelahiran Jakarta ini menggeluti  beladiri wushu. Ia bahkan baru masuk pelatnas kickboxing pada awal tahun ini. Setelah sebelumnya ia meraih medali perak di PON Papua.

"Jadi awal tahun ini setelah PON, saya tiba-tiba diajak persiapan seleksi buat pelatnas kickboxing pada 10 Januari. Pas seleksi, puji Tuhan lolos," kata Amanda. "Seleksi berikutnya yang di TVRI juga lolos lagi. Mungkin memang rezekinya di kickboxing."

Beralih dari atlet Wushu menjadi atlet Kickboxing, hal ini tentu menarik, meski sama-sama beladiri, wushu dan kickboxing memiliki teknik yang berbeda. Cepatnya proses adaptasi menjadi bukti Amanda memiliki bakat.

"Kalau menurut saya lebih capek dan banyak PR-nya di wushu karena ada bantingan dan tangkapan. Kalau kickboxing tekniknya lebih tinju sama tendangan, jadi saya sudah memiliki basic-nya dan lebih enak di kickboxing," tambahnya.

Pada SEA Games Vietnam, kickboxing menargetkan minimal satu emas. Target ini lebih tinggi setelah pada edisi SEA Games sebelumnya di Manila, 2019 meraih dua medali perak.

Amanda berambisi memenuhi target tersebut. Ia akan tampil habis-habisan pada semifinal demi selangkah lebih dekat untuk meraih medali emas.

"Target kami semua harus membawa emas. Saya target pribadinya bisa medali emas agar membanggakan indonesia," kata Amanda lagi. "Namun kalau bisa naik podium saja itu puji Tuhan banget buat aku."

Hanya saja, langkah manis Amanda belum mampu diikuti Brian Alfa Ferdinand Lawitan yang kalah 1-2 dari Rodnok Ophat (Thailand) di kelas full contact 67 kg putra. Begitu juga Abdul Muis yang kalah 0-3 dari wakil Negeri Gajah Putih  Chaleamlap Santidongsakun dengan skor 0-3 di kelas 63,5 kg putra.

Adapun, Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam berkuatan 499 atlet dan akan berpartisipasi di 32 cabor. (KOI/OL-13)

Baca Juga: Kontingen Indonesia Diharapkan Maksimal di SEA Games Vietnam

Baca Juga

dok.ist

Ketum Harian PB ESI : Tim E-Sport di Sea Games 2022 Banggakan Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 21:05 WIB
KETUA Umum Harian PB ESI Komjen Pol Bambang Sunarwibowo mengapresiasi capaian tim e-sport di Sea Games Vietnam dan akan terus menyiapkan...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Pencalonan Istri Plt Bupati Bandung Barat Menjadi Ketua KONI Dikritisi

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 17 Mei 2022, 20:45 WIB
Tokoh olahraga di Kabupaten Bandung Barat menginginkan Ketua KONI yang memahami olahraga sekaligus mengerti seluk beluk Bandung...
Ye Aung Thu / AFP

Flairene Candrea Sumbang Emas di 100 Meter Gaya Punggung

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 17 Mei 2022, 20:41 WIB
Dia mampu menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 1 menit 03,36...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya