Minggu 08 Mei 2022, 23:00 WIB

Kontingen Indonesia Diharapkan Maksimal di SEA Games Vietnam

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Kontingen Indonesia Diharapkan Maksimal di SEA Games Vietnam

Antara
Kontingen Sea Games ke-31 Vietnam

 

PARA atlet yang berlaga pada SEA Games ke-31 di Vietnam diharapkan meraih hasil maksimal untuk Merah Putih. Dengan dimulainya pelaksanaan paradigma baru pembinaan prestasi olahraga nasional, para atlet diharapkan mengasah diri di Vietnam untuk bersiap menghadapi Olimpiade.

"Kita tetap mengirim kontingen ke SEA Games ini sebagai persiapan mengikuti kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yang tidak akan lama lagi. Maka berjuanglah semaksimal mungkin," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam upacara pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam, di Jakarta, Minggu (8/5).

Hadir mengukuhkan kontingen yakni Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Marciano Norman dan Chef de Mission Ferry Kono juga turut hadir bersama para atlet.

Pengiriman kontingen untuk SEA Games Vietnam pertama kali menggunakan paradigma baru pembinaan prestasi olahraga nasional setelah keluarnya arahan Presiden Jokowi pada Haornas 2020. Presiden meminta Kemenpora, KOI, dan KONI untuk melakukan review total.

Perubahan itu disusul dengan lahirnya UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang didahului Perpres Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Fokus utama pembinaan yakni pada Olimpiade sehingga keikutsertaan pada SEA Games kali ini dilakukan review terhadap tim yang diberangkatkan dan terjadi pengurangan atlet hampir 50% dari sebelumnya.

Sebab itu, Menpora memohon maaf kepada cabang olahraga dan para atlet yang tidak bisa masuk ke dalam kontingen karena penerapan paradigma baru itu.

"Kontingen yang diberangkatkan atlet, ofisial, dan pendamping, jauh berkurang dari SEA Games Filipina 2019 lalu. Kira-kira berkurang 50% tapi kami meyakini yang dikirim ini benar-benar menunjukkan prestasi membanggakan," imbuh Menpora.

Menpora menegaskan atlet yang dikirim melalui kajian tim review sehingga tidak asal-asalan mengirim kontingen dengan pertimbangan prestasi dan rekam jejak. Ia pun memotivasi para atlet untuk meningkatkan target bukan lagi sekadar SEA Games maupun Asian Games tetapi agar bisa tembus ke Olimpiade.

"Mulai sekarang mimpi para atlet terutama yang cabang-cabang olahraga olympic, mimpinya harus olimpiade. Tidak bisa lagi sekadar bermimpi di ajang multievent yang di bawahnya," pungkas politisi Partai Golkar itu. (OL-8)

Baca Juga

AFP/THOMAS SAMSON

Perjalanan Raducanu Terhenti di Prancis Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:08 WIB
Raducanu kalah dalam pertarungan tiga set 6-3, 1-6 dan 1-6. Sempat unggul pada set pertama, sayangnya Raducanu tidak dapat mempertahankan...
AFP/Andy Lyons/Getty Images

Kalahkan Heat di Gim 5, Celtics Kini Unggul 3-2

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 12:04 WIB
Celtics, yang memperbaiki rekor tandang mereka di babak playoff menjadi 6-2, kini hanya terpaut satu kemenangan dari laga final NBA pertama...
AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Alcaraz Mengaku Sedikit Tertekan Dipandang Sebagai Calon Bintang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 08:30 WIB
Unggulan keenam berusia 19 tahun itu, dipandang sebagai orang yang bisa mematahkan dominasi Novak Djokovic dan Rafael Nadal di turnamen...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya