Senin 18 April 2022, 19:33 WIB

Ini Penjelasan Menpora soal Perampingan Atlet ke SEA Games Vietnam 

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
 Ini Penjelasan Menpora soal Perampingan Atlet ke SEA Games Vietnam 

Antara/Yulius Satria Wijaya
Menpora Zainudin Amali memantau Pelatnas SEA GAmes Vietnam cabang olahraga eSpsort

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menepis anggapan efisiensi atlet yang diberangkatkan pada SEA Games ke-31 di Vietnam bulan depan terkait masalah anggaran. Menpora menegaskan target utama pembangunan prestasi olahraga yakni Olimpiade, sedangkan ajang seperti SEA Games maupun Asian Games merupakan sasaran antara. 

"Tidak ada urusan pemerintah tidak mampu dan lain sebagainya. Sekarang kita sedang menuju perbaikan mengubah paradigma. Sasaran utama kita Olimpiade sedangkan SEA Games dan Asian Games sasaran antara. Kita akan dorong bagaimana mereka bagus di SEA Games, bisa ke Asian Games, dan dia akan lolos kualifikasi (Olimpiade)," kata Menpora Amali seusai bincang santai di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (18/4). 

Menurutnya, pemilihan atlet dan cabang olahraga yang akan dikirim ke Vietnam direkomendasikan tim review dan sudah terencana dengan baik. Menpora menegaskan tolok ukur yang digunakan tim review yakni prestasi dari para atlet itu sendiri. 

"Saya menerima hasil dari tim review. Tim review merekomendasikan atlet mana, nomor mana, cabor mana, dan kita fasilitasi. Ini adalah rekomendasi dari tim review dan saya harus menghormati rekomendasi itu," ujarnya. 

Menpora menyayangkan masih adanya anggapan menyamakan posisi SEA Games sera Asian Games dengan Olimpiade. Padahal, imbuhnya, ukuran prestasi olahraga sekarang ialah di tingkat dunia. 

Ia mengatakan Indonesia sebagai negara besar posisinya saat ini di Olimpiade masih tertinggal bahkan dengan Jamaika yang penduduknya penduduknya hanya sekitar 2 juta orang. 

Baca juga : Ini Skuad Merah Putih yang Berlaga di Piala Thomas-Uber

Menpora mengingatkan pembenahan total pun dilakukan berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo yang menginginkan Indonesia meningkatkan prestasi di level dunia. 

"Yang susah ini kita tidak bisa membedakan mana Olimpiade, mana SEA Games, mana Asian Games. Kita sudah terbiasa begitu selama ini dan itu yang sekarang kita ubah." ucapnya. 

Chef de Mission kontingen Merah Putih untuk SEA Games Vietnam, Ferry Kono menjelaskan, tak adanya atlet yang dikirim dengan biaya mandiri. Pasalnya, atlet-atlet yang tampil membela nama bangsa sehingga kegiatannya pun sepenuhnya dibiayai pemerintah. 

Menurutnya, ada juga cabang olahraga yang tidak sejalan dengan konsep untuk mengirim 60% atlet junior dan 40% senior sehingga tak masuk dalam rekomendasi tim review. 

"Bukan pada kapasitas tidak ada anggaran atau ada anggaran. Negara membiaya penuh selama itu semua tim yang efektif dan efisien dan juga direkomendasikan tim review dengan berbagai macam parameter," kata Ferry. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Dylan Buell/Getty Images

Medvedev Melaju ke Putaran Kedua Cincinnati Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:25 WIB
Medvedev hanya membutuhkan waktu 1 jam 34 menit untuk merebut kemenangan dua set langsung 6-4 dan 7-5 atas Van de...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

PABSI Mulai Atur Strategi untuk Kualifikasi Olimpiade Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:05 WIB
PB PABSI akan menurunkan dua lifter di beberapa kelas saat kualifikasi Olimpiade nanti. Hal ini dilakukan guna menambah peluang mengamankan...
AFP/Mohd RASFAN

Gregoria Mengaku tidak Punya Target Khusus di Kejuaraan Dunia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:04 WIB
"Saya coba main maksimal di setiap babak yang saya lewati. Mungkin dari babak pertama, kedua juga. Ingin bisa melaju ke babak-babak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya