Sabtu 26 Februari 2022, 21:42 WIB

GM Utut Adianto Kembali Pimpin Percasi

Budi Ernanto | Olahraga
GM Utut Adianto Kembali Pimpin Percasi

MI/SUSANTO
Ketua Umum Percasi Utut Adianto.

 

UTUT Adianto kembali terpilih menjadi ketua umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi). Dia akan memimpin untuk periode 2022-2026. 

Ditunjuknya lagi Utut sebagia ketua umum dipastikan setelah dirinya secara aklmasi terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) Percasi XXIX di Hotel Century Park, Jakarta, Sabtu (26/2).

Pria dengan predikat grandmaster (GM) itu kemudian diharuskan untuk menyusun kepengurusan Percasi yang baru selambat-lambatnya 30 hari setelah Munas.

Sesuai Surat Keputusan bernomor 07/Munas-Percasi-XXIX/II/2022 tentang Penetapan Tim Formatur PB PERCASI Masa Bakti 2022-2026, Utut saat menyusun formatur, dibantu oleh Rusdi Taher (unsur Percasi), Ihsanuddin (Pengprov Percasi Aceh), Edwin Huwae (Pengprov Percasi Maluku) dan Pandapotan Sinaga (Pengprov Percasi DKI Jakarta).

Sementara Utut, usai terpilih mengatakan sangat bersyukur karena bisa kembali dipercaya untuk memimpin Percasi. Dia juga gembira karena Munas Percasi bisa berjalan tanpa hambatan.

"Makin menunjukkan orang catur siap bekerja, tanpa ribut. Tradisi yang baik ini harus dijunjung terus sampai generasi berikutnya," kata Utut. 

Utut pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan khususnya kepada para Pengprov yang terus berkomitmen untuk membina catur di daerahnya masing-masing.

Baca juga: Percasi telah Tingkatkan Prestasi Olahraga Catur Nasional di Pentas Dunia

Utut berjanji dalam masa kepemimpinannya 5 tahun ke depan, dirinya akan mengunjungi semua Pengprov Percasi untuk memberikan bantuan papan catur. Rencananya dia juga akan selalu membawa pecatur-pecatur terbaik di Indonesia dalam kunjungan ke berbagai daerah. 

"Saya akan bawa GM Susanto Megaranto, MI Irene Kharisma Sukandar, MI Medina Warda Aulia dan para pecatur terbaik lainnya. Mereka akan berbagi ilmu kepada para pecatur-pecatur di daerah, sehingga kualitas permainannya akan semakin meningkat," ujar Utut.

Utut mengaku memiliki impian untuk mewujudkan cita-cita besar para pecatur  di seluruh Indonesia menjadi pecatur andal yang mampu bersaing di tingkat dunia.

"Impian saya. Indonesia isinya orang-orang pintar. Di kejurnas catur yunior ratusan pecatur muda yang pintar. Saya merasa berdosa jika tidak bisa mewujudkan mimpi mereka. Tentunya ini juga menjadi impian kita semua," kata Utut.

Sementara itu, di sela-sela Munas sempat terjadi persaingan untuk menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023. Salah satu yang menyatakan keseriusannya untuk jadi penyelenggara ialah Pengprov Percasi Gorontalo. Ketua Umum Pengprov Gorontalo Syafrin Syaifi pun telah menyampaikan cita-cita itu di sela-sela Munas.

“Kami sudah mengantongi dukungan dari DPRD Provinsi Gorontalo terkait rencana menjadi calon tuan rumah Kejurnas Catur 2023. Intinya kami siap melayani para peserta Kejurnas Catur 2023 sepenuh hati,” kata Syafrin.

Namun, Gorontalo bukan lah satu-satunya Pengprov yang berambisi untuk menggelar ajang tersebut. Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara juga rupanya memiliki keinginan yang sama. (R-3)

Baca Juga

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Jonatan Kalah dari Axelsen, Tunggal Putra Indonesia Habis

👤Rifaldo Putra Irianto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 21:10 WIB
Keunggulan yang direbut pada gim kedua diperoleh akibat Axelsen yang menurunkan tempo...
ANTARA/Sigid Kurniawan

Fajar/Rian Capai Final Super 750 Pertama

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 20:10 WIB
Pasangan nomor tujuh dunia itu masih menunggu lawan mereka di babak final, pemenang antara Aaron Chia/Soh Woi Yik (Malaysia) dan Takuro...
MI/RAMDANI

Semangat Lolos ke Final, Apri/Fadia Janji Tampil All Out

👤Rifaldo Putra Irianto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:35 WIB
Keberhasilan Apri/Fadia ke babak final didapat setelah mengalahkan ganda putri Korea Selatan, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong dengan skor 21-14,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya