Kamis 24 Februari 2022, 18:15 WIB

Peraih Tujuh Emas Olimpiade, Pembalap Sepeda Jason Kenny Pensiun 

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Peraih Tujuh Emas Olimpiade, Pembalap Sepeda Jason Kenny Pensiun 

Peter PARKS / AFP
Pembalap sepeda Inggris Jason Kenny melakukan selebrasi saat merebut medali emas nomor trek keirin putra di Olimpiade Tokyo 2020.

 

PEMBALAP sepeda Inggris Jason Kenny yang juga merupakan peraih medali emas tujuh kali Olimpiade memutuskan pensiun sebagai atlet, di mana dia akan memulai pekerjaan barunya sebagai pelatih untuk tim nasional sepeda Inggris.

Pesepeda berusia 33 tahun itu mengungkapkan pada Kamis (24/2) WIB, bahwa Dia akan mulai bekerja sebagai pelatih sprint podium pria di British Cycling dan bertanggung jawab atas beberapa atlet balap sepeda Inggris.

Medali emas ketujuh Olimpiade Kenny datang di Olimpiade Tokyo pada bulan Agustus lalu,13 tahun setelah yang pertama dia meraihnya di Beijing.

Sempat berniat untuk kembali bersaing di Olimpiade Paris 2024, tetapi Kenny mengatakan kesempatan untuk melatih skuad Inggris adalah kesempatan yang terlalu bagus untuk ditolak.

Baca juga: Lolos Ke Perempat Final Meksiko Terbuka, Nadal Belum Terkalahkan

"Itu bukan keputusan yang mudah," kata Kenny dikutip AFP, yang sekarang resmi menjadi 'Sir Jason' setelah mendapat gelar kebangsawanan dalam daftar Penghargaan Tahun Baru Inggris.

“Saya benar-benar ingin melanjutkan ke Paris, tetapi saya cukup sering mengeluh akhir-akhir ini dan saya selalu tahu saya ingin menjadi pelatih di belakang itu, dan kesempatan ini datang," tuturnya.

"Sejujurnya saya sedikit sedih karena yang saya tahu hanyalah berkendara dan berkompetisi, tetapi saya cukup bersemangat untuk memulai dalam pekerjaan baru ini," jelasnya.

Kenny sebelumnya juga pernah memutuskan untuk berhenti sebagai atlet setelah memenangkan nomor sprint tim dan sprint individu di Olimpiade Rio 2016, tetapi dia membatalkan keputusannya setahun kemudian dan kembali turun di Tokyo 2020.

Saat ini Kenny menyatakan bahwa dirinya akan benar-benar berhenti dan akan berfokus pada karirnya sebagai pelatih.

"Kesempatan ini mungkin tidak akan datang lagi. Jika mereka mendapatkan pelatih yang baik, mereka bisa memegang peran tersebut selama 10 tahun, jadi saya pikir saya akan melakukannya sekarang. Saya pikir jika saya tidak mendapatkannya (sebagai pelatih), pekerjaan yang akan saya lakukan adalah tetap sebagai pembalap kemungkinan besar," sebutnya.

"Jadi saya rasa kali ini saya benar-benar menyukainya (sebagai pelatih), jadi sekarang saya benar-benar akan berhenti," sebutnya.

Seperti diketahui, Kenny juga merupakan salah satu dari pasangan olahraga paling sukses di Inggris, dengan istrinya Laura Kenny yang juga seorang atlet sepeda Inggris yang luar biasa.

Laura menjadi salah satu atlet wanita paling sukses di Inggris ketika dia memenangkan emas kelima dalam karirnya dengan salah satu kemenangannya di Tokyo 2020.

Adapun Di British Cycling, Kenny akan menggantikan posisi Scott Pollock, yang menjabat sebagai pelatih sprint sementara menyusul pemecatan Kevin Stewart pada November 2020 lalu. (Rif/AFP/OL-09)

Baca Juga

Antara

Ikut Kompetisi FIBA, Timnas Basket U-18 Putri Langsung TC 

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 15:02 WIB
Mengingat, FIBA U-18 Women's Asian Championship 2022 di Bengaluru, India, tinggal berlangsung sebentar lagi, yakni pada 5-11...
AFP/EVGENIA NOVOZHENINA

Dokter Jelaskan Penanganan Pertama Kasus Cedera Olahraga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:18 WIB
Setelah peradangan berhasil diatasi, pasien dapat mulai menjalani program terapi selanjutnya untuk mengembalikan fungsi gerak dan...
AFP/Dylan Buell/Getty Images

Medvedev Melaju ke Putaran Kedua Cincinnati Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:25 WIB
Medvedev hanya membutuhkan waktu 1 jam 34 menit untuk merebut kemenangan dua set langsung 6-4 dan 7-5 atas Van de...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya