Senin 31 Januari 2022, 18:25 WIB

Medvedev Kecewa Sorakan Penonton Kepadanya saat Final

Mediaindonesia | Olahraga
Medvedev Kecewa Sorakan Penonton Kepadanya saat Final

Martin KEEP / AFP
Daniil Medvedev

 

KEKALAHAN yang dialami petenis peringkat dua dunia Daniil Medvedev di babak final Australian Open 2022, Minggu, tak lepas dari kurangnya dukungan penonton sehingga berimbas pada tingkat kepercayaan dirinya yang terpuruk.

Saat meladeni bintang tenis Spanyol Rafael Nadal, Medvedev kalah setelah berjuang hampir lima setengah jam dan sempat mengunci keunggulan di dua set awal 6-2, 7-6, 4-6, 4-6, 5-7.

"Sebelum Rafa melakukan servis hingga set kelima, akan ada seseorang yang berteriak 'Ayo, Daniil'. Tapi yang ada justru lebih banyak orang yang bersuara 'Tsss, tsss, tsss'. Itu tidak sopan. Itu membuat saya tidak yakin apakah harus bermain tenis," kata Medvedev, hari ini.

Petenis Rusia ini melihat banyak penonton yang tidak berpihak padanya dan lebih mendambakan kemenangan Grand Slam ke-21 bagi Nadal di lapangan keras Melbourne Park.

Baca juga: Federer Ucapkan Selamat atas Rekor Baru Nadal

Kekalahan ini tampak berbeda dari laga yang terjadi di US Open 2019. Saat itu, Medvedev juga kalah dari Nadal dengan lima set. Namun juara US Open 2021 itu lebih kebal terhadap sorotan buruk dari penonton dan bisa mengembangkan permainannya.

Kondisi di babak final di Melbourne terlihat berbeda, bahkan sikap para penggemar dianggap kontroversial dan diperdebatkan secara luas.

Petenis berusia 25 tahun ini pun kini memahami posisi peringkat satu dunia Novak Djokovic kala menghadapi Roger Federer atau Nadal. Baik Medvedev maupun Djokovic sama-sama mengeluhkan sedikit atau absennya dukungan bagi mereka karena hampir semua penonton lebih menggemari duo bintang tenis itu.

"Penonton menyukai seorang pahlawan, dan para petenis hebat yang telah ada (bermain) lebih lama akan selalu mendapatkan dukungan dari mereka," ungkap Medvedev.

Meski begitu, Nadal menyatakan simpati kepada lawannya. Ia yakin Medvedev akan menambah jumlah gelarnya di Grand Slam pada masa mendatang.

"Ini malam yang gila bagi saya. Tapi saya benar-benar percaya bahwa dia punya masa depan yang hebat nantinya. Dia akan merasakan cinta dari orang banyak di masa depan, karena dia pantas mendapatkannya," ujar Nadal. (Ant/OL-4)

Baca Juga

AFP

Bagnaia Raih Pole Position di Sirkuit Assen

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:50 WIB
FRANCESCO 'Peco' Bagnaia menjadi yang tercepat dalam kualifikasi MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu...
AFP

Espargaro Mundur, Repsol Hanya Turunkan Bradl di MotoGP Belanda

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:38 WIB
Sebelumnya, Pol Espargaro mengalami kecelakaan pada sesi latihan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pekan lalu. Dia menderita cedera pada...
Christophe ARCHAMBAULT / AFP

Swiatek Berpeluang Lampaui Rekor Venus Williams

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:45 WIB
Swiatek kini dalam tren positif seusai menjuarai Prancis Terbuka 2022 lantaran sukses menyamai rekor 35 kemenangan beruntun milik Venus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya