Jumat 24 Desember 2021, 15:10 WIB

Prestasi di Kejuaraan Karate Asia Jadi Modal Hadapi SEA Games dan Asian Games

 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Prestasi di Kejuaraan Karate Asia Jadi Modal Hadapi SEA Games dan Asian Games

Foto/PB Forki
Peraih medali emas Kejuaraan Karate-Do Asia 2021, Muhammad Akio Zaiko (kiri) dan pelatih Donny Zaiko.

 

INDONESIA berhasil meraih 11 medali di Kejuaraan Karate Asia yang berlangsung di Almaty, Kazahkstan, dengan kejuaraan yang berlangsung pada 18-22 Desember 2021.

Prestasi tersebut merupakan peningkatan dari Kejuaraan Asia edisi sebelumnya di 2019, di mana saat itu Indonesia membawa pulang tiga medali dari Uzbekistan.

Dua medali emas Indonesia tahun ini berhasil dipersembahkan lewat Muhammad Akio Zaiko yang turun di Kata kadet putra dan Hazel Ramadhan di Kata junior putra.

Raihan ini menempatkan Indonesia berada di posisi kedelapan klasemen akhir perolehan medali, dengan Iran keluar sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 14 medali emas, 10 perak, dan 15 perunggu, diikuti Kazakhstan di posisi kedua (11 emas, 8 perak, 13 perunggu) dan Jepang diposisi ketiga (8 emas, 1 perak, 1 perunggu)

Melihat Pencapaian skuad Merah-Putih, Sekertaris Jenderal Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) Raja Sapta Ervian mengaku gembira.

Raja Sapta Ervian menyatakan raihan ini menjadi modal bagus bagi Indonesia menatap kejuaraan multievent SEA Games Hanoi, Vietnam dan Asian Games Hangzhou, Tiongkok.

"Ini prestasi yang sangat baik. Kami memberikan apresiasi ke atlet dan pelatih. Ini juga jadi penilaian untuk lawan yang akan bertemu lagi di SEA Games dan Asian Games nanti yang jadi target prestasi PB FORKI," kata Ervian dalam keterangan resminya, Jumat (24/12).

Kejuaraan multievent SEA Games Hanoi, Vietnam, bakal berlangsung pada 12-23 Mei 2022. dimana Karate akan menjadi satu dari 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Pada SEA Games Filipina 2019 lalu, pencapaian Indonesia dalam cabang olahraga Karate cukup gemilang, yang mana skuad Merah-Putih berhasil meraih dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Saat itu dua medali emas berhasil dipersembahkan oleh Ahmad Zigi Zaresta Yuda pada nomor kata putra dan Krisda Putri Aprilia untuk kata putri.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berhasil posisi keempat dalam klasemen medali di cabor karate, di mana posisi pertama berhasil diraih Malaysia dengan 4 emas dan 4 perak.

Sementara itu di Asian Games, Indonesia akan memulai perjalanan mereka di Hangzhou pada 10-25 September 2022. (Rif/PB Forki/OL-09)

Baca Juga

Humas PBSI

Apriyani/Fadia Jaga Pikiran untuk Tetap Kompetitif di Malaysia Masters 2022

👤Rifaldi Putra I 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:42 WIB
"Jujur memang sulit untuk set pikirannya, tapi ini sudah tanggung jawab kita jadi bagaimana kita membawa diri saja. Kan yang sudah...
ANTARA FOTO/HO/Humas PBSI

Apri/Fadia tak Tertandingi di Babak Pertama Malaysia Masters

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 13:25 WIB
Ganda putri asal Thailand, Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul menjadi korban pertama dalam perjalanan Apri/Fadia pada turnamen...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Ons Jabeur Capai Semifinal Pertamanya di Grand Slam

👤Rifaldi Putra I 🕔Rabu 06 Juli 2022, 12:51 WIB
Jabeur berhasil memetik kemenangan atas petenis Republik Ceko Marie Bouzkova di babak perempat final Wimbledon 2022 dengan skor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya