Minggu 01 Agustus 2021, 13:35 WIB

Ginting Gagal Jaga Asa Emas di Tunggal Putra

Ilham Ananditya | Olahraga
Ginting Gagal Jaga Asa Emas di Tunggal Putra

AFP
Anthony Sukasini Ginting gagal

 

PERWAKILAN terakhir atlet bulutangkis Indonesia di nomor tunggal putra, Anthony Sukasini Ginting gagal meraih tiket menuju final, setelah dikalahkan oleh pebulutangkis asal China, Chen Long dalam permainan straight game di Lapangan 1 Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang, Minggu (1/8) siang.

Di laga semifinal yang berlangsung 56 menit melawan unggulan keenam, Anthony Ginting harus menyerah dalam permainan dua gim dengan skor akhir 16-21 dan 21-11.

Ini membuat Indonesia gagal menjaga peluang emas di nomor tunggal putra, menyisakan asa medali emas tinggal hanya di nomor ganda putri, pasangan Greysia Polii/Rahayu Apriyani yang baru akan melangsungkan pertandingan pada Selasa (2/8) saing, di Lapangan 1 Musashino Forest Plaza.

Mulanya set pertama, dibuka oleh servis dan poin pertama dari atlet berusia 32 tahun asal China karena Ginting terlalu kuat memberikan pukulan balasan dan shuttlecock jatuh di sisi luar belakang.

Poin pertama bagi Indonesia baru diperoleh setelah Ginting melakukan pukulan smes kerasnya ke sisi depan kanan wilayah Chen.

Permainan di dekat net yang dimainkan Ginting, menyulitkan Chen. Dan unggulan kelima asal Indonesia itu berhasil menyamakan kedudukan di poin 5-5. Kedua individu nampak bermain dengan

Walaupun permainan silang yang dimainkan Ginting sempat membuat keadaan menyulitkan bagi posisi gerakan yang dilakukan Chen, namun interval set pertama berhasil diperoleh oleh Chen dengan 11-6.

Setelah interval pertama pukulan smes keras dan beberapa kali permainan di dekat net oleh Ginting gagal Chen kembalikan, sementara Ginting berusaha mengejar poin di 8-14 Chen.

Bermain terlalu terges-gesa, membuat Chen mampu melakukan pukulan smes backhand membuat dirinya unggul 17-10 atas juara Grup J itu.

Challange pertama bagi Ginting, setelah reli panjang yang dimainkannya menambah poin sementara 13-17. Permainan silang oleh Chen menutup gim pertama dan poin bagi unggulan keenam itu, skor akhir set pertama adalah 21-16.

Baca juga : Emma McKeon Cetak Sejarah Olimpiade

Set kedua servis dari Chen gagal dikembalikan dengan baik oleh Ginting. Namun perwakilan tunggal putra terakhir itu dapat kembali menyamakan kedudukan berkat smes keras Ginting ke sisi kiri wilayah lawan, sementara 1-1.

Atlet usia 24 tahun itu sempat tergelincir namun pengembalian servis yang baik oleh Ginting membuatnya masih menjaga selisih tipis dengan juara Grup N 2-3

Mengunci di poin keenam bagi Chen, Ginting merangkak naik dengan poin demi poin membuat dirinya dapat menyamakan kedudukan di 6-6 dengan smes kerang menyilang dari Ginting.

Namun poin interval set kedua kembali terulang dengan skor yang sama, sementara Chen Long unggul 6-11. Poin bagi Ginting setelah interval adalah berkat Chen yang gagal memainkan permainan di dekat net, sementara poin tambahan pertama bagi Ginting 7-11.

Reli panjang yang dimainkan, dimenangkan oleh pukulan keras Ginting pada skor 8-12. Namun permainan silang dari Chen membuat stamina Ginting terkuras karena harus lari bolak-balik pada skor 10-15

Ginting mencoba melakukan smes keras namun gagal jatuh di wilayah lawan dan terhalangan oleh net. Raihan poin pada set kedua kembali sama seperti gim pertama 10-17 Chen kembali memperbesar angka meninggalkan Ginting.

Ginting mencoba menambah satu poin angka hiburan sebelum Chen Long menutup gim kedua dengan pukulan smes kerasnya dan skor gim kedua berakhir pada 11-21

Kini Anthony Ginting akan mempersiapkan diri menghadapi perwakilan Guatemala, Kevin Gordon untuk memperbutkan medali perunggu cabang bulutangkis nomor tunggal putra, Selasa (2/8) besok di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Langkah Gregoria Mariska Terhenti di Denmark Open

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:29 WIB
Akibat kekalahan Gregoria ini maka Indonesia tidak lagi mempunyai wakil tunggal putri tersisa di Denmark...
AFP

Fajar/Rian Melangkah Ke Babak Delapan Besar Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:27 WIB
PASANGAN ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke babak delapan besar Denmark Terbuka 2021 yang berlangsung di Odense Sport...
AFP

LADI Tunggak Biaya Uji Sampel Doping Ke Laboratorium Qatar

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:08 WIB
Sekjen KOI Ferry J Kono mengatakan pihaknya mulai menemukan titik terang terkait sanksi yang dijatuhkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya