Rabu 28 Juli 2021, 16:23 WIB

Lifter Indonesia Rahmat Abdullah Catatkan Angkatan Terbaik di Grup B kelas 73 kg

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Lifter Indonesia Rahmat Abdullah Catatkan Angkatan Terbaik di Grup B kelas 73 kg

Antara/Sigid Kurniawan.
Rahmat Erwin Abdullah.

LIFTER Indonesia Rahmat Erwin Abdullah mendapat hasil manis pada debutnya di Olimpiade  2020 Tokyo. Ia tampil terbaik di Grup B kelas 73 kg putra pada pertandingan cabang olahraga angkat besi Olimpiade 2020 Tokyo yang diselenggarakan di Tokyo International Forum, Rabu (28/7).

Rahmat tampil terbaik di Grup B usai membuat total angkatan 342 kg dengan rincian snatch 152 kg dan 190 kg clean & jerk. Hasil ini sekaligus menjadi angkatan terbaik dalam kariernya.

Sebelumnya, Rahmat memiliki angkatan snatch terbaik 148 kg dan clean jerk 187 kg. Dengan penambahan beban 7 kg di kedua jenis angkatan itu, total angkatan Rahmat yang tadinya 335 kg naik menjadi 342 kg.

Sukses menjadi yang terbaik di Grup B, kini Rahmat tinggal menunggu hasil Grup A yang akan diselenggarakan pada 19.50 waktu setempat. Ia diharapkan dapat meraih medali apabila total angkatannya masuk tiga besar dari kombinasi kedua grup.

"Cukup puas dengan angkatan hari ini. Kini tinggal menunggu Grup A dan semoga saya bisa mendapatkan medali,” kata Rahmat, dalam keterangannya, Rabu, (28/7).

Pemuda 21 tahun itu menjelaskan, dirinya sempat mengalami kendala saat pertandingan. Hamstring paha kanannya cedera saat melakukan pemanasan clean & jerk. Hal ini pula yang menyebabkan dirinya tidak bisa melakukan angkatan maksimal, termasuk saat tak berhasil melakukan angkatan clean and jerk 190 kg pada percobaan kedua.

"Saya juga tidak tahu mengapa paha belakang saya cedera. Tidak pernah sebelumnya seperti ini. Kalau dalam kondisi normal, saya mungkin bisa mengangkat 200 kg clean and jerk. Padahal waktu angkatan snatch sudah berasa enak banget. Powernya juga sudah dapat," jar Rahmat.

Baca juga: Praveen/Melati Kalah di Olimpiade Tokyo, Pelatih: Itu Tanggung Jawab Saya

Dengan hasil ini, peraih medali emas SEA Games 2019 di Filipina itu menempati peringkat teratas Grup B yang diikuti 5 lifter lain. Jorge Adan Cardenas Estrada dari Meksiko berada di posisi kedua dengan total angkatan 320 kg (145 kg Snatch dan 175 kg Clean and Jerk), disusul Mahmoud Muhammad S Alhumayo dari Arab Saudi dengan total angkatan 306 kg (141 kg Snatch dan 165 kg Clean and Jerk). (KOI/OL-14)

Baca Juga

Antara

Jelang PON Papua, Panitia Gelar Test Event Cabor Kriket

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 18 September 2021, 14:08 WIB
Test event dilakukan dengan menggelar pertandingan antara tim kriket putra dan tim kriket putri di venue wilayah Sentani, Kabupaten...
medcom

Indonesia Imbangi Barbados di Piala Davis

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:26 WIB
Tunggal utama tim Merah Putih, Justin Barki (21), menyumbang satu angka kemenangan setelah menyudahi perlawanan Kaipo...
Facebook SEA Games 2021

Vietnam tidak Pasti, Nasib SEA Games belum Ada Titik Temu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 21:34 WIB
Pembahasan pelaksanaan SEA Games Hanoi masih alot lantaran panitia penyelenggara perlu melakukan koordinasi lanjutan dengan pemerintah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya