Rabu 28 Juli 2021, 13:41 WIB

Ledecky Raih Medali Emas Olimpiade Keenam

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Ledecky Raih Medali Emas Olimpiade Keenam

AFP/Oli Scarff.
Kathleen Ledecky.

RATU renang Amerika Serikat Kathleen Ledecky atau akrab dikenal Katie Ledecky menambahkan koleksi medali Olimpiadenya, setelah sukses merebut medali emas pada nomor 1.500m gaya bebas putri, Rabu, (28/7). Ledecky sebelumnya harus puas meraih medali perak di nomor 400 m gaya bebas putri. 

Berlomba di Tokyo Aquatics Centre, Ledecky tampil luar biasa pada pertandingan 1.500 m gaya bebas putri. Ia berhasil menyelesaikan perlombaan dengan catatan waktu 15 menit 37.34 detik.

"Saya pikir orang-orang mungkin merasa buruk tentang saya, karena saya belum memenangkan medali emas di sini (Tokyo). Dan saya senang dapat membawa pulang medali emas untuk tim Amerika Serikat," kata Ledecky dilansir dari USA Today, Rabu, (28/7).

"Tetapi saya ingin mengatakan kepada orang-orang yang merasa buruk tentang saya atau kepada siapapun, mereka seharusnya lebih peduli tentang hal-hal lain yang terjadi di dunia saat ada orang-orang yang benar-benar menderita akan hal itu," sebut Ledecky.

Itu menjadi medali emas Olimpiade keenam untuk Ledecky sejak debutnya pada usia 15 tahun di Olimpiade London 2012, termasuk memenangkan nomor 800 m gaya bebas putri di London dan Rio 2016. Dalam pertandingan itu, perenang Amerika Serikat lain yakni Erica Sullivan berhasil merebut medali perak dengan catatan waktu 15 menit 41.41 detik, diikuti oleh perenang Jerman Sarah Kohler yang finis di posisi ketiga 5.57 detik lebih lambat dari Ledecky dan berhak atas medali perunggu.

"Dia (Ledecky) adalah wanita yang luar biasa. Dia perenang yang sangat hebat," ujar Sullivan. "Dia adalah legenda dan dia akan selamanya menjadi legenda. Fakta bahwa saya dapat berenang di generasi yang sama dengannya adalah hal yang luar biasa," imbuhnya.

Perlombaan nomor 1.500 m gaya bebas putri merupakan pertandingan yang pertama kali digelar di Olimpiade. Sebelumnya pertandingan gaya bebas putri hanya mencapai 800 m.

Sebelum merebut medali emas keenamnya, Ledecky gagal merebut medali lain di nomor 200 m gaya bebas. Dia hanya mampu finis di posisi kelima dengan catatan waktu 1 menit 55.21 detik.

Perenang putri Australia Ariarne Titmus berhasil merebut medali emas pada final nomor 200 m gaya bebas putri. Ia mencatatkan rekor baru Olimpiade dengan waktu 1 menit 53.50 detik.

Baca juga: Praveen/Melati Tersingkir di Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Itu merupakan medali emas kedua yang diraih Titmus di Olimpiade 2020 Tokyo. Sebelumnya ia berhasil menjadi yang tercepat di final nomor 400 m gaya putri sekaligus mencatatkan rekor baru untuk wilayah Oceania dengan catatan waktu 3 menit 56.69 detik, yang juga mengungguli Ledecky yang finis di posisi kedua. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Suvenir PON XX Papua Sudah Mulai Dijual di Lokapasar

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 22:38 WIB
Beragam koleksi merchandise atau suvenir gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua kini sudah mulai dijual di berbagai lokapasar atau...
Antara/Indrayadi Th

Kemendagri Terbitkan Instruksi Protokol Kesehatan untuk Pelaksanaan PON, Begini Isinya 

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 28 September 2021, 19:27 WIB
"Penegakan protokol kesehatan ditunjukkan demi suksesnya perhelatan pesta olahraga terbesar nasional ini,"...
Antara

Ini Tim Indonesia Hadapi Laga Hidup Mati Lawan Denmark

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 28 September 2021, 16:50 WIB
"Kami akan menurunkan pemain inti. Indonesia akan tampil dengan kekuatan terbaik dan yang paling siap main," tutur Rionny dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya