Rabu 28 Juli 2021, 10:20 WIB

Mengenal Si Blue Lightning Asal Turki

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Mengenal Si Blue Lightning Asal Turki

AFP/ANGELA WEISS
Atlet bola voli Turki Meryem Boz

 

SELAIN karena performanya yang apik, pevoli putri Turki Meryem Boz menjadi sorotan berkat gaya rambut yang mencolok dan membuatnya dikenal sebagai Blue Lightning di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Boz memang hadir dengan gaya rambut nyentrik dengan warna biru menyala. Selain piawai melakukan smash keras, paras menawan dan tubuh proporsionalnya juga menjadikan perempuan 33 tahun itu menjadi idola baru dalam voli dunia.

Posisi Boz sebagai spiker diandalkan dalam setiap laga yang dilakoni Turki di berbagai ajang, termasuk Olimpiade Tokyo 2020. Pada kualifikasi Eropa, Boz dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MPV).

Baca juga: Titmus Raih Medali Emas Kedua Sekaligus Cetak Rekor Olimpiade

Jauh sebelum itu, Boz mengawali karier sebagai atlet voli profesional pada 2001. Dia pernah bermain bersama tim voli Turki seperti Fenerbahce, Galatasaray, dan Bursaspor. Terakhir, dia membela tim Vakifbank SK.

Perempuan yang lahir pada 3 Februari 1988 itu adalah langganan masuk timnas voli putri baik sejak level junior hingga senior. Dia juga beberapa kali sukses membawa tim Sultan Net berprestasi di kancah internasional.

Pada debutnya di timnas senior putri Turki, Boz berkontribusi dengan mengantarkan timnya meraih perunggu di Kejuaraan Eropa 2017.

Dua tahun kemudian, dia juga turut andil membawa Turki menyabet perak dalam Kejuaraan Eropa 2019.

Pada ajang lainnya, perempuan berpostur 194 cm itu juga menjadi bagian saat Turki meraih perak dalam ajang Liga Negara 2018 dan perunggu dalam kejuaraan yang sama pada 2021.    

Kini, ambisi Boz adalah meraih hasil terbaik dalam Olimpiade Tokyo. Dilansir Demiroren News Agency (DHA), Boz mengatakan minimal bisa membawa tim Turki lolos dari fase grup.

"Ini adalah turnamen yang telah kami tunggu-tunggu dan kami mempersiapkannya sejak lama. Kami akan menjalani pertandingan demi
pertandingan, kami berada di grup yang sulit. Jika kami bisa keluar dari grup, kami akan berkonsentrasi untuk langkah selanjutnya," kata dia sebelum berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Sejauh ini, tim voli putri Turki telah melakoni dua pertandingan di Pool B dengan meraih satu kali menang dan satu kali kalah.

Pada pertandingan pertama, Minggu (25/7), Boz dan kawan-kawan mengalahkan Tiongkok dengan skor 3-0 (25-21, 25-14, dan 25-14).

Namun, pada laga kedua, Selasa (27/7), Turki harus mengakui kehebatan Italia usai kalah dengan skor 1-3 (22-25, 25-23, 20-25, dan 15-25).

Pada fase grup, Turki masih menyisakan tiga laga.    

Besok, Boz dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Amerika Serikat. Kemudian disusul Argentina dan tim Komite Olimpiade Rusia (ROC).

"Olimpiade berada di level tertinggi. Semua tim di sana telah bermain bersama selama bertahun-tahun dan datang ke sana. Semuanya memiliki
bekal di kejuaraan Dunia dan Eropa. Tim berpengalaman. Oleh karena itu, pekerjaan kami tidak akan mudah," pungkas Boz. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Fajar/Rian Melangkah ke Babak Kedua Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 01:11 WIB
GANDA putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melangkah ke babak kedua turnamen bulutangkis Denmark Terbuka 2021 yang...
ANTARA/Aditya Pradana

Shesar Ikuti Jejak Ginting Angkat Koper Dari Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 00:54 WIB
KEKALAHAN dialami putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito di babak pertama Denmark Terbuka...
AFP

Anthony Ginting Tersingkir di Babak Pertama Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:47 WIB
KEJUTAN terjadi di tunggal putra turnamen bulutangkis Denmark Terbuka 2021 yang berlangsung di Odense Sports Park,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya