Minggu 18 Juli 2021, 00:10 WIB

Kontingen Indonesia bertolak ke Tokyo, Semua Negatif Covid-19

Mediaindonesia | Olahraga
Kontingen Indonesia bertolak ke Tokyo, Semua Negatif Covid-19

BIRO PERS ISTANA/SETPRES
Pelepasan kontingen tim Indonesia yang akan menuju Olimpiade Tokyo di Istana Negara.

KONTINGEN Indonesia Olimpiade 2020 Tokyo yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Rosan P Roeslani dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari pada Sabtu malam bertolak ke Tokyo dan siap memberikan penampilan maksimal pada pesta olahraga empat tahunan yang akan dimulai pada 24 Juli itu.

Rosan mengatakan rombongan yang jalan pada malam ini dalam keadaan sehat dan dipastikan negatif COVID-19. KOI dan CdM telah meningkatkan uji tes swab PCR selama tujuh hari sebelumnya dengan hasil tes pada hari ke-4 dan 30 jam sebelum keberangkatan telag diserahkan ke pemerintah Jepang sebagai syarat wajib.

“Persiapan kami sudah lama karena Olimpiade Tokyo ini sudah mundur setahun. Namun, karena Olimpiade ini diadakan dalam situasi yang berbeda maka protokol kesehatan harus benar-benar kami jalankan,” kata Rosan dalam siaran pers yang diterima hari ini.

Rombongan yang terbang malam ini baru sebagian, terdiri dari 13 atlet serta 11 pelatih dari lima cabang olahraga, yakni panahan (4 atlet), angkat besi (4), menembak (1), renang (2), dan surfing (1+1 atlet cadangan) serta 4 tim pendukung, CdM dan Ketua Unum KOI. Mereka berangkat menggunakan pesawat komersial JAL726 dan akan mendarat di Bandara International Narita pada 07.25 waktu setempat.

Baca juga: Hubbard, Transgender Pertama yang Diizinkan Tampil di Olimpiade

Berbicara target, Rosan percaya atlet-atlet Indonesia akan berjuang maksimal demi mengharumkan nama Merah Putih di kancah dunia dan memenuhi target perbaikan peringkat dari Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

“Kami memiliki banyak potensi (medali). Insyaallah, Indonesia bisa meraih peringkat yang jauh lebih baik,” kata Rosan.

Sementara itu, Raja Sapta Oktohari meminta dukungan kepada masyarakat Indonesia untuk semua atlet yang akan berpartisipasi pada pesta olahraga paling bergengsi di dunia itu, mengingat tantangan yang dihadapi kali ini tidak mudah.

“Kami meminta dukungan seluruh masyarakat Indonesia dan doa sangat berarti karena Olimpiade kali ini digelar dalam situasi pandemi Covid-19. Meski begitu, peluang atlet-atlet Indonesia meraih prestasi terbaik sangat terbuka karena segala sesuatu bisa terjadi,” kata Okto.

Setelah rombongan ini, penerbangan selanjutnya adalah cabor rowing dan lifter Deni bersama Coach Lukman yang berangkat bersama Tim Head Quarters yang dikawal tiga Komite Eksekutif Indra Gamulya, Rafiq Hakim Radinal serta Arlan Perkasa Kusuma pada 20 Juli. Sementara, cabor atletik didampingi Sekjen KOI Ferry J Kono menyusul pada 24 Juli.(Ant/OL-4)

Baca Juga

AFP/Valery HACHE

Mulai 2022, GP Monaco Hanya Berlangsung Tiga Hari

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 23 September 2021, 12:20 WIB
GP Monaco, secara tradisional menggelar sesi latihan pada Kamis dan kemudian libur sehari pada Jumat sebelum mulai lagi pada Sabtu dan...
AFP/MIGUEL MEDINA

GP Rusia, Kesempatan Emas Bagi Hamilton untuk Bukukan Kemenangan Ke-100

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 23 September 2021, 11:15 WIB
Mercedes telah memenangi setiap balapan di sirkuit yang dibangun di komplek Olimpiade itu sejak 2014, sedangkan Hamilton naik podium...
AFP/ MIGUEL MEDINA

Leclerc akan Start dari Posisi Paling Belakang di GP Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 23 September 2021, 11:05 WIB
Ferrari mengatakan mereka akan membawa sistem hybrid yang diperbarui di Sochi, terutama sebagai uji coba untuk proyek mobil 2022...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya