Kamis 24 Juni 2021, 17:50 WIB

Menpora Minta Persiapan Nonfisik PON Papua Juga Ditingkatkan

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Menpora Minta Persiapan Nonfisik PON Papua Juga Ditingkatkan

Antara
Petugas meninjau Venue Istora Papua Bangkit untuk PON XX 2021 di Kabupaten Jayapura, Papua.

JELANG penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dijadwalkan pada 2-15 Oktober, Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan bahwa pesta olahraga akbar itu siap digelar.

Menpora Zainudin Amali menekankan bahwa persiapan fisik dalam penyelenggaraan PON XX Papua, khususnya yang menjadi tanggung jawab Kemenpora, sudah berjalan sesuai rencana.

"Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi, itu saya kira sudah berjalan. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui pendanaan APBN, baik di Kemenpora maupun Kementerian PUPR, Kominfo, kemudian Kemenhub, saya kira itu sudah teralokasi," tutur Zainudin dalam suatu diskusi, Kamis (24/6).

Baca juga: Papua Tegaskan Kesiapan untuk Menggelar PON XX

Adapun hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, dikatakannya juga sudah siap. Pernyataan Zainudin mengacu laporan Gubernur Papua Lukas Enembe, yang disampaikan dalam rapat terbatas pada 15 Maret lalu,

"Setelah kami memaparkan persiapan, kemudian Bapak Presiden bertanya kepada Gubernur Papua. Pak Gubernur bagaimana, sangat singkat jawaban Pak Gubernur waktu itu, bahwa Papua siap menyelenggarakan PON 2021," pungkas Zainudin.

Selain aspek fisik, Zainudin juga mengingatkan urgensi persiapan PON XX yang bersifat nonfisik. Menurutnya, persiapan nonfisik, seperti komunikasi internal antara PB PON Papua dan Sub PB PON di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika dan Kabupaten Merauke, terbilang sangat penting.

Baca juga: Tiga Venue Tambahan Pendukung PON XX Papua Segera Kelar

Pasalnya, masalah komunikasi antara PB PON dan pemerintah wilayah di empat klaster sempat memicu polemik. Bahkan, menimbulkan ancaman penolakan tuan rumah PON dari Wali Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika. Alasannya, tidak ada kejelasan dan transparansi soal pembagian anggaran dari PB PON.

Namun, Zainudin memastikan masalah internal tersebut sudah terselesaikan. Dia kemudian meminta agar komunikasi terus ditingkatkan, sehingga persiapan PON tetap optimal. "Tentu ini harus bisa terkoordinasi dengan baik. Supaya hajatan besar yang menjadi agenda empat tahunan bisa berlangsung dengan baik," katanya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Twitter @GM_JKDuda

Duda Juara Piala Dunia Catur FIDE 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 07:44 WIB
Dengan kemenangan di partai kedua itu, Duda unggul agregat 1,5 - 0,5 atas Karjakin setelah di partai pertama kedua pecatur bermain...
AFP/ Michael Owens/Getty Images

Pacquiao Berencana Kembali Naik Ring Setelah Absen 2 Tahun

👤Henry Hokianto 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 07:06 WIB
Petinju kidal Filipina berusia 42 tahun, juara dunia delapan divisi, akan menghadapi Spence pada 21 Agustus di Las Vegas untuk...
AFP/Paul CROCK

Sherif, Petenis Mesir Pertama yang Capai Delapan Besar Turnamen WTA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 06:55 WIB
Sharif, yang berperingkat 119 dunia, menang 6-2 dan 6-2 di putaran kedua atas lawannya yang berusia 16 tahun, yang melakukan debutnya di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Olimpiade Jadi Tujuan Utama Pembinaan Atlet

INDONESIA berhasil mendapatkan lima medali di Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya