Kamis 03 Juni 2021, 16:49 WIB

Menpora Dorong Pencak Silat Dipertandingkan di Olimpiade

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Menpora Dorong Pencak Silat Dipertandingkan di Olimpiade

ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda
Pesilat Indonesia (kiri) berhadapan dengan pesilat Vietnam pada Asian Games 2018.

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengingatkan bahwa dengan tidak akan dipertandingkannya kembali cabang olahraga pencak silat di Asian Games, total medali emas yang Indonesia targetkan akan berkurang. Untuk itu dalam jangka panjang Kemenpora ingin mendorong cabor pencak silat masuk sebagai cabor di Olimpiade.

“Jadi nanti jangan kaget kalau prestasi kita menurun di Asian games karena pencak silat tidak lagi dipertandingkan,” ungkap Zainudin dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Kamis (3/6).

“Karenanya ini sedang kita upayakan, bagaimana pencak silat yangmenjadi andalan kita ini masuk sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Sebab bila sudah dipertandingkan di Olimpiade tentu akan lebih mudah dipertandingkan di Asian Games,” tutur Zainudin.

Dalam rapat tersebut Menpora menjelaskan bawa pihaknya telah menemui Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) Prabowo Subianto. Kemenpora dan PP IPSI rencananya akan membuat kampanye besar besaran ke berbagai negara untuk mempopulerkan pencak silat sebagai olahraga bela diri dan bukan sebagai budaya.

“Kita akan membuat video gerakan – gerakan silat yang lebih ke arah olahraga. Sebab kalau dia budaya, maka Internasional Olympic Committee (IOC) agak keberatan, karenanya kita dorong ke arah bela diri,”ungkap Zainudin.

Dari komunikasi yang dilakukan menpora kepada Prabowi, Zainudin menjelaskan IPSI bersedia untuk melakukan pembuatan video. Bahkan Menpora menyebutkan nantinya Prabowo akan memberikan pengantar dalam bentuk video juga.

Rencananya nantinya video video tersebut akan di kirim ke seluruh kedutaan besar Indonesia sebagai bagian dari kampanye. Untuk itu Zainudin menuturkan pihaknya telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Luar Negeri untuk mempopulerkan pencak silat sebagai bela diri di luar negeri.

Selain itu, Menpora juga menegaskan selain kampanye tersebut Kemenpora juga telah mendorong untuk tidak bergantung kepada salah satu cabor prestasi semata untuk menunjang prestasi nasional di dunia mancanegara.

Karenanya dalam grand desain olahraga nasional Kemenpora akan membuat 14 cabang olahraga prioritas yang akan dibina secara by desain dari hulu ke hilir untuk menunjang prestasi nasional secara berkesinambungan. (Dro/OL-09)

Baca Juga

AFP/Lillian Suwanrumpha

Melenggang Ke Final, Fajar/Rian Jaga Asa Indonesia di Thailand Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra irianto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:18 WIB
Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di babak final, setelah memetik kemenangan dalam pertarungan berdurasi 34...
ANTARA

Tunggal Putra Bulu Tangkis Gagal Sumbang Medali SEA Games, Pelatih Minta Maaf

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 16:15 WIB
Berbicara terkait kegagalan anak-anak asuhnya, pelati tunggal putra Harry Hartono menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat...
ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Lifter Rahmat Erwin Raih Medali Emas di SEA Games Vietnam

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:20 WIB
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah mampu mempertajam rekornya saat meraih medali emas kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya