Selasa 08 Desember 2020, 11:50 WIB

Empat Cabor Baru Dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Empat Cabor Baru Dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024

Greg MARTIN / OIS/IOC / AFP
Presiden IOC Thomas Bach saat menjelaskan ada empat cabang olahraga baru dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024.

 

BREAKDANCING bersama tiga olahraga lain yakni selancar, skateboard, dan sport climbing telah mendapatkan lampu hijau untuk disertakan di Olimpiade Paris 2024. Keempat cabang olahraga tersebut resmi diikutsertakan setelah dewan eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) bertemu untuk mengkonfirmasi program Paris 2024.

Presiden IOC Thomas Bach menjelaskan, alasan pihaknya memberikan tempat kepada empat cabang olahraga tersebut dikarenakan ini merupakan bagian dari Olympic Agenda 2020. Mereka ingin menghadirkan program yang menyesuaikan zaman dan populer di kalangan generasi muda.

"Pengenalan olahraga ini merupakan salah satu hasil dari Olympic Agenda 2020," ucap Bach, dikutip AFP, Selasa (8/12). 

"Kami memiliki prioritas yang jelas untuk memperkenalkan olahraga yang sangat populer di kalangan generasi muda, dan dengan mempertimbangkan urbanisasi olahraga," lanjutnya.

Selancar, memanjat, dan skateboard telah menjadi bagian dari Olimpiade Tokyo tahun depan, setelah diajukan bersama karate oleh komite tuan rumah Jepang. Sementara Breakdancing baru akan dipertandingan di Paris 2024.

Masuknya breakdancing pada event olahraga Olimpiade sejatinya bukan pertama kali. Olahraga yang mengedepankan gaya tari itu sudah pernah melakukan debutnya pada Olimpiade Pemuda 2018, di Buenos Aires, Argentina.

baca juga: IOC Larang Presiden Belarus Hadiri Olimpiade

Breakdancer asal Rusia, Sergei Chernyshev yang berkompetisi dengan julukan Bumblebee berhasil merebut medali emas breakdancing pertama untuk putra pada event itu, sementara Ramu Kawai asal Jepang memenangkan gelar untuk putri.

"Hari ini adalah kesempatan bersejarah tidak hanya untuk b-boys dan b-girls tetapi untuk semua penari di seluruh dunia," ucap Presiden Federasi Olahraga Dansa Dunia (WDSF) Shawn Tay.

"WDSF sangat bangga memiliki breakdancing yang masuk dalam Olimpiade Paris 2024. Dan kami akan melipatgandakan upaya kami menjelang Olimpiade untuk memastikan persaingan ketat di Paris 2024 akan menjadi yang tak terlupakan," tuturnya.

Diketahui, di bawah regulasi IOC yang pertama kali dikenalkan di Olimpade Tokyo. IOC mempersilahkan setiap kota tuan rumah memilih olahraga untuk diajukan masuk ke dalam Olimpiade. Dengan salah satu syarat olahraga itu populer di negara tersebut dan dapat menambah daya tarik pesta olahraga dunia itu. (AFP/OL-3)


 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Menkominfo: World Superbike Mandalika Akan Terapkan Prokes Ketat

👤Mediaindonesia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:35 WIB
Menkominfo meyakini bahwa World Superbike akan memacu pemulihan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat pada khususnya dan di Indonesia...
AFP

Penyalaan Api Olimpiade Musim Dingin Beijing Digelar Tanpa Penonton

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:34 WIB
Estafet obor di Yunani, yang biasanya berkeliling negara tersebut sekitar satu pekan, tidak akan diadakan menjelang Olimpiade Musim Dingin...
AFP/Clauss Fisker

NasDem: Piala Thomas Kado Terbaik untuk Negeri 

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 18 Oktober 2021, 18:46 WIB
Apresiasi juga diberikan kepada para pelatih, ofisial dan seluruh tim yang berhasil menggodok para atlet sehingga bisa bermain bagus dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya