Sabtu 27 Juni 2020, 06:16 WIB

F1 Merespons Negatif Ungkapan Rasisme Bernie Ecclestone

Antara | Olahraga
 F1 Merespons Negatif Ungkapan Rasisme Bernie Ecclestone

ANDREJ ISAKOVIC / AFP
Mantan CEO Formula 1 Bernie Ecclestone memberi pernyataan berbau rasisme yang mengundang respons negatif.

 

FORMULA 1 pada Jumat (26/6)  mengeluarkan pernyataan menanggapi komentar berbau rasisme yang dilontarkan mantan CEO F1 Bernie Ecclestone. Mantan orang nomor satu di F1 itu dalam wawancara dengan CNN menyatakan dalam banyak kasus, orang kulit hitam lebih rasis ketimbang kulit putih. 

"Pada saat kesatuan diperlukan untuk menangkis rasisme dan inekualitas, kami sangat tidak sepakat dengan komentar Bernie Ecclestone yang tidak memiliki tempat di Formula 1 maupun di masyarakat," demikian pernyataan resmi F1.
  
"Tuan Ecclestone sudah tidak lagi memegang peranan di Formula 1 sejak ia meninggalkan organisasi kami pada 2017, gelar sebagai Chairman Emeritusnya telah kadaluarsa sejak Januari 2020," sebut F1.
  
Pekan ini F1 juga telah meluncurkan inisiatif bertajuk #WeRaceAsOne, yang bertujuan untuk memerangi masalah terbesar di dunia olahraga dan masyarakat global saat ini yaitu covid-19 serta rasisme dan inekualitas. Suatu gugus tugas dan yayasan pun akan didirikan untuk mengawal program tersebut. CEO F1 Chase Carey telah menggelontorkan dana awal satu juta dolar dari rekening pribadinya.
  
Sementara itu, komentar Ecclestone tersebut merupakan reaksi terhadap gerakan protes Black Lives Matter yang dipicu oleh kematian George Floyd, warga kulit hitam yang terbunuh karena kebrutalan polisi AS. Pekan lalu, juara dunia Lewis Hamilton mengungkapkan tindakan rasisme yang pernah ia alami termasuk ketika membalap di Spanyol pada 2008. Di situ ada ada para penggemar dengan muka dicat hitam mengenakan kaos bertuliskan Keluarga Hamilton. Ecclestone pun heran Hamilton menganggapi hal itu dengan serius.

"Aku tak menyangka dia begitu. Aku tak mengira itu akan mempengaruhinya," kata Ecclestone seperti dikutip Dailymail.

baca juga: NBA Mengumumkan 16 Pemain Dinyatakan Positif Covid-19
  
Hamilton menjadi salah satu pebalap yang paling vokal terhadap isu rasisme dan inekualitas beberapa pekan terakhir menyusul kematian Floyd. Sang pebalap asal Inggris itu pun sempat turun ke jalan mengikuti aksi damai Black Lives Matter di Hyde Park, London. Skandal berbau rasisme juga mencuat di balap Nascar, ikon Amerika Serikat, Bubba Wallace, satu-satunya pebalap kulit hitam di paddock mendapati sebuah tali gantung diri terpasang di garasinya di Talladega Superspeedway, Alabama.
  
Biro investigasi FBI meluncurkan penyelidikan dan mendapati jika tali tersebut adalah tali pintu garasi yang dibuat dengan simpul menyerupai tali gantung diri dan sudah berada di tempat itu sejak Oktober 2019. Alhasil tak ada tuntutan federal yang diajukan. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

Atlet Kayak Mancanegara dan Nasional Ramaikan Toba Caldera IAF 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 00:42 WIB
Kegiatan ini bukan sekadar perlombaan kayak biasa namun sebuah gerakan responsible tourism yang mengedepankan pengembangan masyarakat lokal...
Antara

Apriyani/Fadia Bertekad Tampil Maksimal di World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:27 WIB
Sepekan jelang pertandingan BWF World Tour Finals, Apriyani Rahayu/Siti Fadia mengaku belum memikirkan persaingan di ganda...
Antara

Pegolf Tanah Air Ingin Enjoy di Indonesian Masters

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:20 WIB
Meski tak mematok target spesifik, sejumlah wakil Indonesia bertekad bisa mencatatkan hasil terbaik pada turnamen yang juga diikuti pegolf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya