Kamis 26 Januari 2023, 17:15 WIB

Kota Cirebon Genjot Penurunan Angka Stunting

Nurul Hidayah | Nusantara
Kota Cirebon Genjot Penurunan Angka Stunting

DOK MI
Ilustrasi

 

PERCEPATAN penurunan stunting di Kota Cirebon, Jawa Barat dilakukan menyeluruh. 15 kelurahan menjadi fokus lokasi penurunan stunting.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Siti Maria Listiawaty menjelaskan percepatan penurunan stunting dilakukan berdasar peraturan Wali Kota Nomor 34 Tahun 2022. "Percepatan penurunan stunting dilaksanakan terhadap sejumlah kelompok. Dimulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia nol hingga 59 bulan," tutur Maria, Kamis (26/1).

Ini berarti, lanjut Maria, semua kelompok yang rentan menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang anak menjadi sasaran dari program ini. Bahkan untuk remaja juga diberikan tablet tambah darah untuk remaja tingkat SMA.

Ada pun angka stunting di Kota Cirebon yang dikeluarkan oleh Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 mencapai 30,6 persen. Angka ini cukup tinggi sehingga menempatkan Kota Cirebon berada di urutan keempat tertinggi bersama Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung.

Namun angka ini menurut Maria jauh berbeda dari hasil pemantauan rutin yang diolah melalui aplikasi Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) yang menunjukkan persentase balita stunting pada 2020 hingga 2023 sebanyak 13,6 persen, 13,4 persen, dan 12,83 persen.

Namun, Maria menegaskan tidak ingin berdebat soal angka. "Melalui peraturan Wali Kota Nomor 34 Tahun 2022, fokus kami melakukan percepatan  penurunana stunting," tutur Maria.

Berdasarkan hasil EPPGBM menunjukkan ada 15 kelurahan di Kota Cirebon yang masih menunjukkan persentase lebih besar dari target penurunan stunting di Kota Cirebon. Karenanya ditetapkana 15 kelurahan tersebut sebagai lokasi fokus penurunan dan pencegahan stunting.

Ke-15 kelurahan tersebut masing-masing Pegambiran, Kalijaga, Argasunya, Kasepuhan, Karyamulya, Kecapi, Panjunan, Pulasaren,  Harjamukti, Kebon Baru, Kejaksan, Jagasatru, Drajat, Lemahwungkuk dan  Pekiringan. (OL-15)

Baca Juga

MI/Depi

Warga Dikagetkan Rumah Dua Lantai di Cimahi Tiba-Tiba Ambruk

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:17 WIB
Dari hasil asesmen BPBD setempat, penyebab rumah ambruk diduga karena konstruksi bangunan lemah dan erosi pada fondasi karena terdapat...
DOK MI

Kemiskinan Ekstrem Di Purbalingga Ditargetkan Tuntas Pada 2024

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:11 WIB
PEMKAB Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) menargetkan pengentasan kemiskinan ekstrem akan dituntaskan pada...
ANTARA

Pemprov Jabar Jamin Ketersediaan Beras

👤Naviandri 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:02 WIB
DI TENGAH kenaikan harga beras yang dialami di sejumlah daerah di  Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar memastikan menjamin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya