Jumat 20 Januari 2023, 10:18 WIB

Kunjungi Kabupaten Brebes, Kepala BSKDN Kemendagri Minta Daerah Tak Takut Berinovasi

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kunjungi Kabupaten Brebes, Kepala BSKDN Kemendagri Minta Daerah Tak Takut Berinovasi

Dok. Kemendagri
Kunjungan Kepala BSKDN Kemendagri ke Brebes

 

KEPALA Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengunjungi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbang) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis, (19/1).  Kunjungan itu merupakan upaya BSKDN Kemendagri memperkuat inovasi di daerah, khususnya di Kabupaten Brebes.

Dalam kunjungannya, Yusharto menegaskan, pemerintah daerah (Pemda) tidak perlu takut berinovasi. Menurutnya, inovasi tidak selalu melahirkan sesuatu yang baru. Inovasi, kata dia, dapat dilakukan Pemda melalui difusi atau pembaharuan terhadap inovasi yang sudah ada. 

"Inovasi itu kan bukan sesuatu yang baru sama sekali ya, tetapi kita bisa coba istilahnya difusi, lalu bisa kita terapkan di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kita," ungkapnya. 

Yusharto mengungkapkan, salah satu manfaat inovasi adalah dapat membuat pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki daerah lebih efektif dan efisien. Dia mencontohkan Kabupaten Brebes yang terkenal sebagai penghasil bawang dan telur asin. Kekayaan alam tersebut bisa dikelola dengan baik, jika daerah memiliki inovasi yang mumpuni.

Baca juga : Sambut HUT ke-345, Buku Antologi Puisi untuk Kemajuan Brebes Diluncurkan 

"Apalagi Kabupaten Brebes ini kan terkenal sekali dengan bawang dan telur asinnya, tinggal bagaimana lebih banyak lagi variasinya (dengan inovasi)," tuturnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto juga menyinggung perihal arahan pemerintah pusat melalui BSKDN Kemendagri kepada Pemda agar segera membentuk Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA). Dirinya berharap Pemda termasuk Kabupaten Brebes, juga dapat memaksimalkan fungsi litbang dan strategi kebijakan di masing-masing wilayahnya. 

"Memang arahan pemerintah pusat begitu (mendirikan BRIDA) memang bagusnya berdiri sendiri (lembaga kelitbangan) tapi kalau struktur organisasi berdasarkan beban kerjanya belum ada dan memang masih gabung dengan Baperlitbangda ya monggo, tetapi fungsinya tetap dimaksimalkan ada litang berikut strategi kebijakannya," pungkas Yusharto. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Ratusan Anak TK Sambut Peresmian Solo Safari

👤Widjajadi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:14 WIB
Kawasan seluas 13,9 hektare (ha) itu menghadirkan lebih dari 347 individu satwa dari total 87 spesies satwa endemik Indonesia yang terancam...
Dok. Traveloka

5 Rekomendasi Hotel Murah di Bandung, Tetap Nyaman dan Lengkap

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:43 WIB
Jika pergi berlibur ke Bandung, Anda perlu mencari tempat menginap yang nyaman dan terjangkau. Tidak perlu mahal, karena ada banyak hotel...
MI/Ardi Teristi

Wisata Umbul Jumprit Temanggung Ditata Ulang

👤Tosiani 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:21 WIB
Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan penataan ulang kawasan wisata Umbul Jumprit bertujuan mendorong perkembangan wisata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya