Rabu 18 Januari 2023, 18:32 WIB

PB PMII Minta DPR Usut Penyebab Kerusuhan di PT GNI

mediaindonesia.com | Nusantara
PB PMII Minta DPR Usut Penyebab Kerusuhan di PT GNI

Medcom
Ilustrasi

 

WASEKJEN Bidang Industri PB Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Muhammad Bintang mendesak DPR untuk mengusut akar kerusuhan di PT GNI Morowali Utara.

Menurut Bintang, sangatlah miris jika melihat akar kerusuhan yaitu tuntutan Serikat Pekerja Nasional (SPN) terhadap perusahaan. 

“Yang diinginkan oleh serikat pekerja dalam tuntutan itu adalah hal-hal fundamental dalam industri, soal alat pelindung diri, prosedur K3, penghentian pemotongan upah, bahkan ventilasi udara. Mengapa hal mendasar semacam itu tidak terpenuhi sejak awal?" tegas Bintang.

Menurutnya, jika hal mendasar tidak terpenuhi, berarti masalah di PT GNI terjadi sejak awal. Sehingga ia menduga ada kekeliruan dalam implementasi aturan perindustrian.

Menurut aktivis asal Provinsi Sulawesi Tengah itu DPR harus turun tangan untuk mengusut tuntas akar masalah kerusuhan. 

“Kami mendesak agar DPR turun tangan. Peristiwa pidana biarkan diselesaikan oleh polri namun pengusutan akar masalah, soal hak-hak karyawan, dan keamanan karyawan, ini harus diselesaikan melalui Pansus di DPR," ujarnya.

Bintang menambahkan DPR dan Pemerintah harus tegas dalam memastikan implemetasi standar perindustrian dalam mengelola kekayaan alam Indonesia.

“Kita harus benar mengelola kekayaan alam. Ingat, pasal 33 UUD 1945. kita harus menjadi tuan di negeri sendiri,” tutup Bintang. (RO/OL-1)

Baca Juga

MI/HO

Komunitas Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Bojonegoro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:25 WIB
KOMUNITAS Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al...
MI/HO

Temui Komunitas Penyandang Disabilitas, Ganjar Siapkan Pelatihan Usaha dan Pemasaran

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:20 WIB
 GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo selalu bersedia untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang...
DOK/Green Forest Resort & Wedding by Horison

Metropolitan Golden Management Jamu Pelanggan Korporasi Jakarta, Banten dan Jawa Barat

👤Naviandri 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:20 WIB
Acara ini bertujuan untuk memberi apresiasi kepada berbagai perusahaan yang sering menghelat acara di hotel-hotel Horison d itiga provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya