Selasa 17 Januari 2023, 22:06 WIB

Meski Surplus, Harga Beras Di Lamongan Tetap Naik

M Yakub | Nusantara
Meski Surplus, Harga Beras Di Lamongan Tetap Naik

DOK MI
Beras

 

HARGA beras di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menembus angka Rp12.500  per kg. Meski mahal, stok beras dipastikan aman.

"Stok beras di Lamongan aman. Tidak ada masalah, kami malah surplus," kata Juru Bicara Pemkab Lamongan, Segeng Widodo, Selasa (17/1).

Ia mengakui harga beras di Lamongan memang terpicu naik karena mahalnya harga beras di sejumlah daerah. Kondisi tersebut membuat harga beras kualitas premium melambung.

Sedangkan, untuk beras kualitas medium harganya sekitar Rp10.000 dan beras kualitas biasa seharga Rp9.000 ribu per kg. Meski mahal, stok beras di Lamongan dipastikan tercukupi untuk kebutuhan masyarakat. "Stok beras sangat aman. Karena panen masih berlanjut," tandanya.

Menurut Sugeng, Lamongan merupakan lumbung pangan Jatim, bahkan salah satu lumbung pangan andalan di tingkat nasional. Produksi padi Lamongan pada 2021 misalnya, mencapai 1.196.310 ton gabah kering giling (GKG). Dengan angka ini, bila dikonversi setara 741.712 ton beras.

Dikatakan, rata-rata, setiap tahunnya Kabupaten Lamongan surplus  kisarab700 ribu ton GKG atau setara 439.180 ton beras. "Jadi stok beras sangat aman. Karena panen juga masih berlanjut hingga saat ini," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/HO

Komunitas Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Bojonegoro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:25 WIB
KOMUNITAS Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al...
MI/HO

Temui Komunitas Penyandang Disabilitas, Ganjar Siapkan Pelatihan Usaha dan Pemasaran

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:20 WIB
 GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo selalu bersedia untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang...
DOK/Green Forest Resort & Wedding by Horison

Metropolitan Golden Management Jamu Pelanggan Korporasi Jakarta, Banten dan Jawa Barat

👤Naviandri 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:20 WIB
Acara ini bertujuan untuk memberi apresiasi kepada berbagai perusahaan yang sering menghelat acara di hotel-hotel Horison d itiga provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya