Senin 16 Januari 2023, 21:06 WIB

Kritik Pembangunan Bandara Bali Utara, Megawati: Saya Ngamuk

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Kritik Pembangunan Bandara Bali Utara, Megawati: Saya Ngamuk

Antara
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat merapikan maskernya.

 

MANTAN Presiden RI, Megawati Soekarnoputri, mengaku keberatan dengan pembangunan Bandara Internasional Bali Utara yang terletak di Kabupaten Buleleng.

Adapun penolakan tersebut karena dituding hanya menguntungkan para investor semata. Oleh karena itu, dirinya menilai wajar jika merasa marah, kalau rakyat setempat tak diuntungkan.

"Ibu Mega ngamuk, iyalah. Rakyatnya yang mau dibantu atau sorry, orang-orang kayanya?" ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (16/1).

Baca juga: Megawati, Jokowi Kalau Tidak Ada PDIP Kasian Dah!

Menurutnya, dana pembangunan bisa dialokasikan untuk membantu masyarakat Bali. Bahkan, dirinya sudah memberikan masukan ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dalam hal ini, ketimbang membangun bandara baru, lebih baik dimanfaatkan untuk pengembangan Bandara Ngurah Rai Bali.

"Saya tanya kepada Pak Budi Karya, sebenarnya Ngurah Rai itu ngopo sih runway-nya dibikin satu lagi?" tutur Megawati.

"Saya bilang enggak (mau). Saya mewakili rakyat Bali. Nah ini masukan berani, kebayang enggak buang duit melulu," imbuh Ketua Umum DPP PDIP.

Baca juga: Terbaru, Ini Daftar Nama Bandara di Indonesia

Dirinya juga melihat akan terjadi kepadatan di Pulau Dewata, jika Bandara Bali Utara terealisasikan. Megawati menyampaikan bahwa dirinya sudah memikirkan alternatif. Misalnya, mereka yang hendak ke Bali bisa turun di Banyuwangi atau Surabaya.

"Di Ngurah Rai iya, di Buleleng iya, enggak sumpek itu rakyat Bali yang datang orang asing semua? Alternatifnya dari Surabaya dia bisa menginap, dari Banyuwangi lanjut menyebrang ke Gilimanuk, ini bisa terus," pungkasnya.

Memakan investasi sekitar Rp17 triliun, bandara yang baru di Bali Utara masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 sebagai proyek prioritas. Serta, masuk dalam Rencana Induk Bandar Udara yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 166 Tahun 2019.(OL-11)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tangkap Pembuat Aplikasi Pembobol Rekening di Sulsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:12 WIB
Pelaku diketahui berstatus mahasiswa, usia 20 tahun asal Kabupaten Pinrang, Sulsel. IA membuat aplikasi tersebut lalu...
DOK.MI

Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Empat Meter di Perairan Talaud

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:02 WIB
Warga diharapkan berhati-hati bila melakukan aktivitas di perairan dengan tinggi gelombang tertentu karena bisa membahayakan keselamatan...
Dok. BSKDN Kemendagri

BSKDN Minta Sulawesi Selatan Jadi Barometer Kemajuan Inovasi di Indonesia Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:39 WIB
Lebih lanjut Yusharto menjelaskan, berdasarkan variabel ukur IID Provinsi Sulsel telah mengalami peningkatan pada 2022 dihampir semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya