Jumat 06 Januari 2023, 16:46 WIB

Banjir tidak Kunjung Surut, Warga Dorang Jepara Terserang Penyakit

Budi Hutomo | Nusantara
Banjir tidak Kunjung Surut, Warga Dorang Jepara Terserang Penyakit

Metro TV/Budi Hutomo.
Banjir di Desa Dorang, Jepara, Jawa Tengah.

 

BANJIR yang merendam Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah, berdampak pada kesehatan masyarakat. Akibat genangan banjir, banyak warga terserang penyakit. Warga rata-rata mengeluh pusing, diare, serta gatal-gatal.

Untuk membantu warga yang terdampak banjir itu, tim kesehatan dari Puskesmas Nalumsari 1 mendirikan dua posko kesehatan di lokasi genangan banjir. Ini dilakukan untuk membantu pengobatan warga yang tidak bisa keluar karena terdampak genangan banjir.

Ketinggian banjir yang mencapai 130 sentimeter itu membuat lumpuh akses keluar masuk desa. Pasalnya, banjir yang terjadi sejak enam hari lalu ini membuat kesehatan warga menurun, terutama lansia dan anak anak.

Warga mengaku dampak banjir ini mereka mengeluh pusing, meriang, diare, dan gatal-gatal. "Dengan kehadiran pemeriksaan gratis ini warga sangat senang karena selama banjir merendam desanya mereka tidak bisa keluar desa," ujar Siti Nurlela, warga Desa Dorang.

Baca juga: Sikka Kebanjiran Rendam Ratusan Rumah

Dokter Puskesmas Nalumsari Satu, Yulia Utami, mengatakan untuk membantu warga yang membutuhkan pengobatan, pihaknya mendirikan dua posko kesehatan di lokasi banjir. "Sedikitnya 300 warga melakukan pemeriksaan di dua posko itu," tuturnya.

Banjir yang terjadi di Desa Dorang itu berdampak pada 2.989 jiwa. Banjir akibat luapan sungai Wulan dan banjir kiriman dari wilayah Kudus ini susah untuk surut, meski sudah dilakukan pompanisasi untuk mengeluarkan air. Maklum, kondisi Desa Dorang berbentuk cekungan seperti mangkok. (OL-14)

Baca Juga

DOK/SUTAN RAJA HOTEL

Rayakan Hari Valentine Bernuansa Bali di Sutan Raja Hotel Bandung

👤Media Indonesia 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:50 WIB
Makan malam akan berlangsung pukul 19.00 WIB-21.00 WIB diiringi live music performance dan set meja makan malam yang...
Antara.

Airlangga Hartarto dan Gibran Resmikan Pembaruan Solo Technopark

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:48 WIB
Salah satu langkah yang diambil untuk mendukung kota pintar tersebut di Solo ialah dengan menghadirkan ruang publik kreatif bernama Solo...
Antara

Walhi Dorong Pemerintah Tindak Tambang Nikel Pulau Obi yang Rusak Lingkungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:35 WIB
Saat ini, Rere mengatakan Walhi Maluku Utara masih melakukan pendampingan kepada masyarakat di Pulau Obi yang terdampak kegiatan tambang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya