Rabu 04 Januari 2023, 20:43 WIB

Warga Kawasan Pesisir Cilacap Diimbau Waspada Banjir Rob

Lilik Darmawan | Nusantara
 Warga Kawasan Pesisir Cilacap Diimbau Waspada Banjir Rob

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) meminta kepada masyarakat pesisir di Cilacap untuk mewaspadai rob. Sebab, ada prediksi gelombang tinggi dan meningkatnya ketinggian  gelombang pasang mulai 4-11 Januari mendatang.

Kepala Pelaksana BPBD Cilacap Wijonardi mengatakan bahwa ada potensi gelombang tinggi dampak meningkatnya ketinggian pasang air laut maksimum, terutama pada periode 4-11 Januari 2022. "Adanya fenomena bulan purnama atau full moon pada 6 Januari 2023 berpotensi  meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," jelas Wijonardi, Rabu (4/1).

Menurutnya, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia. "Termasuk di dalamnya adalah Cilacap. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siaga serta meminimalisasi kerusakan dan kerugian material," katanya.

Sementara pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan BMKG Ahmad Yani Semarang, ada potensi cuaca ekstrem mulai 3-5 Januari 2022.

"Cuaca ekstrem potensial terjadi karena adanya tekanan rendah atau eks siklon tropis Ellie di Australia. Ada potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang," ujarnya.

Sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak cuaca ekstrem adalah Cilacap,  Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo dan Kebumen. "BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. Yakni banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat  yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK/SUTAN RAJA HOTEL

Rayakan Hari Valentine Bernuansa Bali di Sutan Raja Hotel Bandung

👤Media Indonesia 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:50 WIB
Makan malam akan berlangsung pukul 19.00 WIB-21.00 WIB diiringi live music performance dan set meja makan malam yang...
Antara.

Airlangga Hartarto dan Gibran Resmikan Pembaruan Solo Technopark

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:48 WIB
Salah satu langkah yang diambil untuk mendukung kota pintar tersebut di Solo ialah dengan menghadirkan ruang publik kreatif bernama Solo...
Antara

Walhi Dorong Pemerintah Tindak Tambang Nikel Pulau Obi yang Rusak Lingkungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:35 WIB
Saat ini, Rere mengatakan Walhi Maluku Utara masih melakukan pendampingan kepada masyarakat di Pulau Obi yang terdampak kegiatan tambang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya