Kamis 29 Desember 2022, 20:57 WIB

Penanganan Stunting, Wali Kota Padang Resmikan Tiga Rumah Gizi

Yose Hendra | Nusantara
Penanganan Stunting, Wali Kota Padang Resmikan Tiga Rumah Gizi

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Padang, Sumbar meminta semua pihak untuk ikut bersama-sama menangani masalah stunting. Peran keluarga dinilai penting karena stunting memerlukan penanganan sejak dini.

"Kita bersama-sama harus melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting bagi anak balita di Kota Padang. Salah satunya yaitu melalui pemanfaatan keberadaan rumah gizi," kata Wali Kota Padang Hendri Septa saat meresmikan tiga Rumah Gizi di Kecamatan Padang Utara yang dipusatkan di Ex Gedung Puskesmas Ulak Karang, Padang Utara.

Ketiga Rumah Gizi yang diresmikan adalah Rumah Gizi Permata Bunda binaan Puskesmas Ulak Karang, Rumah Gizi Magenta binaan Puskesmas Air Tawar, dan Rumah Gizi Mustika Ibu binaan Puskesmas Alai.

Wali Kota Padang mengungkapkan, permasalahan stunting saat ini memang menjadi perhatian khusus dari Pemko Padang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meminta setiap kelurahan di Kota Padang memiliki rumah gizi sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya stunting terhadap anak.

"Terjadinya kasus stunting pada anak banyak diakibatkan oleh faktor ekonomi dan kurangnya pengetahuan orang tua terhadap pola asuh dan pemberian makanan sehat terhadap anak. Untuk itu kita berharap, dengan adanya rumah gizi di setiap kelurahan, maka pengawasan terhadap pertumbuhan gizi anak dapat lebih diperhatikan," harapnya.

"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kehadiran tiga rumah gizi di Kecamatan Padang Utara kali ini. Semoga menjalankan perannya dengan maksimal, dan hal yang sama dapat ditiru kelurahan-kelurahan lainnya," sambungnya lagi.

Seperti diketahui, melalui keberadaan Rumah Gizi selain mengadakan kegiatan Posyandu, juga memberikan makanan tambahan terhadap anak yang diduga terindikasi stunting secara berkala. Selanjutnya para ibu juga diberikan pengetahuan tentang makanan sehat, mulai dari memilih bahan, memasak hingga penyajiannya agar higienis. (OL-15)
 

Baca Juga

dok.mi

Kasus ODGJ Grobogan yang Dihamili Ayah dan Adik Kandung Mangkrak

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:27 WIB
KASUS orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Grobogan dua kali dihamili ayah dan saudara kandung menjadi sorotan, namun hingga saat...
MI/Tosiani

Ganjar Pranowo Luncurkan Program Beras Fortifikasi untuk Atasi Stunting

👤Tosiani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:15 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaunching beras fortifikasi atau beras bergizi yang diperuntukkan bagi ibu hamil di Magelang....
MI/Beben

Pascagempa, Distribusi Air Bersih PAM di Cianjur belum 100%

👤 Benny Bastiandy 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:00 WIB
Pasca gempa, Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, belum normal pasok air karena penanganan jaringan pipa yang mayoritas mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya