Kamis 29 Desember 2022, 16:15 WIB

Rob dan Hujan Membuat Banjir kembali Landa Demak

Akhmad Safuan | Nusantara
Rob dan Hujan Membuat Banjir kembali Landa Demak

DOK MI.
Ilustrasi.

 

AIR laut pasang dan hujan lebat mengguyur kawasan pantura Jawa Tengah. Ini membuat beberapa wilayah Kabupaten Demak kembali dilanda banjir hingga ketinggian capai 1,5 meter.

Pemantauan Media Indonesia, Kamis (29/12), banjir kembali merendam beberapa wilayah di Demak seperti Sayung, Karangtengah, Wedung, dan Bonang setelah hujan lebat mengguyur kawasan ini sejak Rabu (28/12) petang. Selain hujan lebat, banjir di Demak disebabkan rob yang datang secara bersamaan, sehingga sungai dan saluran air meluap hingga merendam jalan, ladang, dan rumah warga. 

"Hujan deras kemarin menjadikan Sungai Setu meluap hingga merendam jalan dan rumah warga di Desa Batu," ujar Plt Camat Karangtengah Mulyanto. Selain itu, di Kecamatan Sayung, hampir seluruh desa terendam banjir dengan ketinggian air 0,5-1,5 meter. Akibatnya, warga beberapa desa seperti Timbulsloko dan Bedono semakin terisolasi karena harus menggunakan perahu agar dapat masuk desa.

"Jalan di sini kembali terendam banjir. Untuk keluar masuk desa hanya dapat ditempuh dengan angkutan perahu," ujar Solichin, 40, warga Timbulsloko Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Banjir juga merendam Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Bahkan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Morodemak juga terendam banjir sehingga aktivitas perdagangan ikan terganggu.

Banjir yang datang sejak dini hari, demikian Kepala Desa Purworejo Rifqi Salafuddin, bukan hanya disebabkan oleh hujan deras, tetapi juga ditambah air rob. "Seluruh jalan akses desa terendam bahkan puluhan rumah warga juga terendam," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK.MI

Situasi Polres Malinau Kaltara Kondusif Usai Dirusak Massa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:20 WIB
Peristiwa ini berawal dari tertembaknya korban LH oleh Brigadir W dari Tim Intel Resmob Kompi 4 Yon A Pelopor Polda...
ANTARA/Istafan Najmi

BKSDA Teliti Perilaku Harimau Sumatra Serang Warga di Aceh Selatan

👤Amiruddin Abdullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:05 WIB
Sampel darah harimau tersebut akan dikirim ke Laboratorium PSSP Bogor untuk pemeriksaan canine distemper...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Kirab Barongsai dan Liong Meriahkan Cap Go Meh di Denpasar

👤Ruta Suryana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:40 WIB
Kirab barongsai dan liong tidak hanya melibatkan warga keturunan Tionghoa dan umat di klenteng, tetapi juga masyarakat Hindu Bali dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya