Rabu 23 November 2022, 16:15 WIB

700 Pasien Korban Gempa Cianjur di RSUD Sayang Tertangani dengan Baik

M Iqbal Al Machmudi | Nusantara
700 Pasien Korban Gempa Cianjur di RSUD Sayang Tertangani dengan Baik

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Sejumlah tenaga medis merawat korban yang terluka saat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di RSUD Sayang

 

SEBANYAK 700 pasien korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang dirawat di RSUD Sayang hingga Selasa (22/11) tertangani dengan baik meski jumlah pasien membeludak.

Dokter Umum RSUD Sayang dr. Nevi Mulya mengatakan pelayanan pasien terkendali dibantu oleh sejumlah relawan dari berbagai organisasi kesehatan seperti IDI.

"Belum ada perhitungan pasti namun jumlah pasien terdampak gempa ada sekitar 700 orang tertangani dengan baik," kata dr. Nevi, Rabu (23/11).

Kebanyakan dari pasien tersebut adalah anak kecil dengan cedera kepala ringan sampai sedang. Adapun pasien orang dewasa kebanyakan mengalami fraktur. Kondisi mayoritas pasien sejauh ini di RSUD Sayang mulai membaik, dengan masalah terbanyak adalah patah tulang, cidera kepala, dan luka-luka ringan.

"Semua pasien dirawat di luar gedung mengingat kondisi masih rawan terjadi gempa susulan," ujar Nevi.

Baca juga: 10 Korban Gempa Cianjur Dirujuk ke RSUD Cibabat Cimahi

Sejumlah tenda berjejer di halaman depan dan belakang rumah sakit. Setiap tenda terdapat dokter umum, dokter spesialis dan perawat. Sehingga setiap pasien yang datang langsung ditangani oleh dokter dan perawat.

Pasien yang datang dengan kondisi darurat dilakukan sistem triase untuk menentukan pasien yang diutamakan memperoleh penanganan medis terlebih dahulu di instalasi gawat darurat (IGD). Penentuan pasien dilakukan berdasarkan tingkat keparahan kondisi pasien.

Sedangkan pasien yang membutuhkan tindakan operasi segera langsung dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung. Pelayanan pasien di RSUD Sayang berfungsi untuk perawatan pasien dengan luka ringan dan stabilisasi kondisi pasien.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

BIN Gandeng Dukcapil Bangun Posko Pembuatan Dokumen Kependudukan Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:25 WIB
Tim Kemanusiaan BIN menggandeng Satgas Ditjen Dukcapil Kemendagri guna menerbitkan kembali beragam dokumen kependudukan para penyintas...
MI/Amirrudin

Kalsel Kekurangan Beras Lokal Siam

👤Denny Susanto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 11:05 WIB
DAMPAK dari anjloknya produksi beras Provinsi Kalimantan Selatan tahun ini berimbas pada kurangnya stok beras lokal jenis siam di wilayah...
dok.PUPR

Badan Jalan Penghubung Longsor, Grobogan-Sragen Terputus

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 01 Desember 2022, 09:25 WIB
BENCANA tanah longsor mengakibatkan jalan penghubung antar daerah di Jateng terputus, tepatnya di Desa Bago, Kecamatan Kradenan, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya