Senin 21 November 2022, 19:47 WIB

Gempa Cianjur: 58 Orang Meninggal dan 700 Lebih Alami Luka-Luka

Dinda Shabrina | Nusantara
Gempa Cianjur: 58 Orang Meninggal dan 700 Lebih Alami Luka-Luka

dok. IDI cabang Cianjur
Situasi penanganan korban bencana gempa bumi di RSUD Cianjur.

 

BERDASARKAN data yang disampaikan Ketua IDI Cabang Cianjur, Ronny Hadyanto korban meninggal dunia akibat peristiwa gempa Cianjur sebanyak 58 orang. Korban meninggal terdiri dari orang dewasa, lansia hingga anak-anak. Ronny menerangkan rata-rata korban meninggal akibat tertimpa runtuhan bangunan.

Sementara itu, sebanyak 700 lebih warga sekitar mengalami luka-luka ringan sampai berat. “Ada sekitar 200 tenaga medis dokter umum dan dokter spesialis anggota IDI Cianjur dan yang bertugas di wilayah Cianjur turun menangani korban gempa. Saat ini kami juga berkoordinasi dengan banyak pihak termasuk BNPB, Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Pemerintah Kabupaten dan masih banyak lagi untuk menyiapkan Rumah Sakit Darurat di Pendopo Kabupten Cianjur di Jl. siti Zaenab," kata Ronny dalam keterangannya, Senin (21/11).

Sementara itu, Ketua IDI Wilayah Jawa Barat Eka Mulyana menyampaikan IDI Wilayah Jawa Barat sedang mengerahkan tim siaga bencana. Tim IDI, kata dia masih dalam perjalanan ke Cianjur seraya membawa perlengkapan tenda peleton dan sejumlah obat-obatan.

Eka juga menyebut timnya telah berkoordinasi dengan sejumlah IDI cabang di Jawa Barat dan sekitar Cianjur untuk membantu dari sisi tenaga medis.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Adib Khumaidi mengatakan bahwa Pusat Krisis kesehatan dan pengabdian masyarakat yang dipimpin Corona Rintawan juga akan mengerahkan bantuan dan tenaga medis ke lokasi bencana di Cianjur.

Saat ini PB IDI mendapatkan informarsi awal dari rapid health assessment Dari Tim IDI cianjur kebutuhan untuk SDM Dokter bedah dan bedah orthopaedi dengan perlengkapan Alat-alat kesehatan dan dukungan sarana prasarana, analisa bangunan juga sedang dilakukan untuk antisipasi kebutuhan RS Lapangan serta persiapan rujukan medis ke Bandung dan RS Hasan Sadikin.

“PB IDI dan seluruh IDI Wilayah dan Cabang menyampaikan duka cita mendalam untuk keluarga korban terdampak gempa bumi,” ucap Adib. (OL-13)

Baca Juga: IDI Cianjur Kerahkan Seluruh Anggota untuk Tangani Korban Gempa

Baca Juga

MI/HO

Ulama Banten Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:34 WIB
Kali ini, bertempat di Pondok Pesantren Roudhotus Sibyan Al-amin, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten, alunan doa untuk Ganjar Pranowo...
DOK.MI

Tim SAR Konawe Utara Cari Kakak Adik Terseret Arus di Sungai Lasolo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:55 WIB
Usai menerima laporan tersebut, pihaknya memberangkatkan tim penyelamat Unit Siaga SAR Konawe Utara untuk mencari...
DOK MI

Kematian Tersangka Kasus Perampokan, Empat Anggota Polres Tapsel Jalani Pemeriksaan

👤Widhoroso 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:38 WIB
EMPAT anggota kepolisian yang bertugas di Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara dinonaktifkan terkait kasus penganiayaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya